nusabali

Prancis Lolos Usai Hajar Belanda

Portugal dan Belgia Tembus Euro 2024 di Jerman

  • www.nusabali.com-prancis-lolos-usai-hajar-belanda

Prancis di peringkat kedua klasemen Grup B Kualifikasi Euro 2024 dengan 18 poin dari enam laga. Sedangkan Belanda harus turun ke posisi ketiga dengan sembilan poin dari lima laga, karena digeser Yunani, yang mengalahkan Irlandia 2-0.

AMSTERDAM, NusaBali
Prancis memastikan satu tempat di Euro 2024, seusai menghajar Belanda, 2-1, pada pertandingan kualifikasi Grup B di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Sabtu (14/10) dinihari Wita. Selain Prancis, Portugal dan Belgia juga berangkat ke Jerman, yang jadi tuan rumah Piala Eropa 2024 itu. 

Kemenangan Prancis hadir berkat dua gol yang dicetak Kylian Mbappe.  Sedangkan Belanda memperkecil ketertinggalan melalui Quilindschy Hartman. Kini Prancis di peringkat kedua klasemen Grup B Kualifikasi Euro 2024 dengan 18 poin dari enam laga. Sedangkan Belanda harus turun ke posisi ketiga dengan sembilan poin dari lima laga, karena di waktu yang sama Yunani mengalahkan Irlandia 2-0. Posisi Belanda pun digeser Yunani.

Secara statistik pada laga di Amsterdam, Prancis sedikit lebih unggul dibandingkan Belanda dengan mencatatkan 55 persen penguasaan bola dan melepaskan 15 tendangan yang tujuh di antaranya tepat sasaran.

Prancis pun langsung berinisiatif menyerang dan sukses mencuri keunggulan saat laga baru berjalan tujuh menit. Berawal umpan silang Jonathan Clauss, bola disambar tendangan voli Kylian Mbappe, dan menembus gawang Belanda hingga skor berubah 1-0.

Tim tuan rumah Belanda menciptakan peluang 20 menit berselang. Namun tendangan keras Joey Veerman, melambung di atas mistar gawang Prancis. Sejak itu, laga kian hidup karena kedua tim bermain terbuka dan baik Belanda serta Prancis memiliki peluang mencetak gol, namun hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Di babak kedua, Belanda mengambil inisiatif menyerang lebih dulu dan menciptakan peluang melalui Donyell Malen yang tertahan lini pertahanan Prancis. Prancis justru menggandakan keunggulan 2-0 pada menit 53 berkat gol Mbappe setelah kerjasama dengan Adrien Rabiot.

Belanda langsung merespon ketertiban dua gol ini dan sempat membobol gawang Prancis melalui sundulan Malen. Namun dianulir wasit karena Nathan Ake yang mengirimkan umpan lebih dulu di posisi offside.

Skuad asuhan Ronald Koeman mampu memperkecil ketertinggalannya pada menit 83 melalui gol yang dicetak Hartman setelah bekerja sama dengan Steven Bergwijn sehingga skor berubah 1-2.

Sementara itu, Portugal dan Belgia memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2024 setelah mengamankan kemenangan atas lawan-lawannya [ada Sabtu dini hari WITA.

Portugal mengalahkan Slovakia 3-2 dalam laga Grup J Kualifikasi Euro 2024 di Stadion Do Dragao, Porto. Kemenangan Portugal hadir berkat gol Goncalo Ramos dan brace Cristian Ronaldo. Sedangkan Slovakia membalas melalui David Hancko serta Stanislav Lobotka.

Hasil itu membuat Portugal kokoh di puncak klasemen sementara Grup J Kualifikasi Euro 2024 dengan 21 poin dari tujuh laga, berjarak delapan poin dari Slovakia di posisi kedua.

Peluang Slovakia tetap terbuka ke putaran final Euro 2024, jika mampu menyapu bersih tiga laga tersisa, atau melihat hasil dari rival yang lain seperti Luxemburg serta Bosnia-Herzegovina.

Sementara itu, Belgia juga mengalahkan Austria 3-2 di Grup F Kualifikasi Euro 2024 di Stadion Ernst Happel, Wina. Pada laga itu Belgia unggul tiga gol lebih dulu berkat brace Dodi Lukebakio dan Romelu Lukaku. namun Austria bangkit memperkecil ketertinggalan melalui Konrad Laimer dan Marcel Sabitzer.

Hasil itu membuat Belgia kokoh di peringkat pertama Grup F Kualifikasi Euro 2024 dengan 16 poin dari enam laga. Sedangkan Austria di peringkat kedua klasemen Grup F dengan 13 poin dari enam laga, dan selanjutnya hanya membutuhkan dua poin dari dua laga tersisa untuk mengamankan satu tempat dalam Euro 2024. ant

Komentar