nusabali

Toni Kroos Comeback, Jerman Hajar Prancis

  • www.nusabali.com-toni-kroos-comeback-jerman-hajar-prancis

PARIS, NusaBali - Jerman sukses mempermalukan tuan rumah Prancis 2-0 dalam laga persahabatan di Groupama Stadium, Paris, Minggu (24/3) dinihari WITA. Pertandingan itu juga jadi laga pertama Toni Kroos setelah dirinya comeback dan membatalkan keputusan pension dari Timnas pada 2021.

Sedangkan dua gol kemenangan Jerman masing-masing dicetak Florian Wirtz dan Kai Havertz.  Bahkan tim tamu mengejutkan Prancis saat dapat mencetak gol saat laga baru berjalan tujuh detik.

Florian Wirtz melepas tendangan dari luar kotak penalti yang menjebol pojok kanan gawang Prancis. Skor 1-0 untuk Jerman. Pada menit ke-5

Jerman hampir kembali mengancam gawang Prancis. Tapi tembakan Jamal Musiala melenceng tipis dari gawang.

Secara statistik, Prancis sebenarnya mendominasi penguasa bola, tetapi mereka kesulitan membongkar pertahanan Jerman. Skor 1-0 untuk keunggulan Jerman bertahan hingga turun minum.

Selepas istirahat, Jerman kembali mencetak gol pada menit ke-49. Bermula dari umpan Kross ke Jamal Musiala yang kemudian menusuk ke kotak penalti. Dia mengecoh Brice Samba sebelum melepas umpan yang disambar Kai Havertz menjadi gol. Skor menjadi 2-0.

Prancis mencoba untuk mengejar ketertinggalan lewat upaya dari Ousmane Dembele dan Aurelien Tchouameni. Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil. Tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga laga berakhir. Jerman menutup laga dengan kemenangan 2-0.

Kemenangan itu akan mendongkrak kepercayaan diri skuad Jerman yang tampak semakin solid di bawah bimbingan Julian Nagelsmann. Di sisi lain, skuad Prancis masih punya banyak PR yang harus dibereskan Didier Deschamps sebelum bersiap menyambut Euro 2024.

Dalam laga itu, Florian Wirtz layak dinobatkan sebagai pemain terbaik alias man of the match. Gol Wirtz menjadi gol fantastis yang layak masuk buku sejarah Timnas Jerman. Dia melepas tembakan keras dari tepi kotak penalti, menghujam gawang tanpa bisa direspons kiper lawan. Gol Wirtz tercatat pada detik ke-7 dan mencatatkan namanya sebagai pencetak gol paling cepat dalam sejarah sepakbola Timnas Jerman. Gol itu juga sekaligus gol internasional pertama Wirtz untuk Jerman. 

Wirtz layak terpilih sebagai man of the match karena gol cepatnya menentukan ritme pertandingan sejak awal laga, Jerman lantas memegang kontrol.

Selanjutnya, Jerman akan menghadapi Belanda dalam laga ujicoba di Deutsche Bank Park, Rabu (27/3) dinihari, jam 03:45 WITA. Jerman dan Belanda sama-sama baru meraih kemenangan memuaskan. Jerman memukul Prancis 2-0, dan Belanda menghajar Skotlandia 4-0.

Jerman dan Belanda terakhir kali bertemu dalam lagauji coba pada Maret 2022, yang berakhir imbang 1-1. Jerman unggul lebih dulu lewat Thomas Muller di menit 45, gol Belanda melalui gol Steven Bergwijn pada menit 68. ant

Komentar