nusabali

Les Bleus Selangkah Lagi Lolos

Duel Belanda vs Prancis di Kualifikasi Euro 2024

  • www.nusabali.com-les-bleus-selangkah-lagi-lolos

Posisi Prancis lebih nyaman karena memuncaki klasemen Grup B, dengan 15 poin dari 5 laga. Jika menang atas Belanda, dan di laga lain Yunani gagal mengalahkan Irlandia, Les Bleus akan lolos Euro 2024.

AMSTERDAM, NusaBali
Prancis selangkah lagi lolos ke Piala Eropa 2024. Namun Les Bleus harus menang saat tandang ke markas Balanda, dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2024 Grup B, di Johan Cruyff Arena, Amterdam, Sabtu (14/10) dini hari, pukul 02:45 WITA. Mampukah Belanda menahan laju Prancis ?

Ya, Prancis sejauh ini masih sempurna. Lima laga, dan lima kemenangan sukses mereka amankan. Prancis juga mencetak total 11 gol dan belum sekali pun kebobolan. Jika menang, mereka akan lolos ke Euro 2024.

Sedangkan Belanda meraih sembilan poin dari empat laga. Belanda tiga kali menang dan sekali kalah. Satu-satunya kekalahan Belanda saat melawan Prancis pada laga pertama, di Stade de France, yakni kalah telak 0-4.

Tekanan kini mengarah ke kubu Belanda, yang di peringkat dua klasemen Grup B dengan 9 poin. Namun tim asuhan Ronald Koeman itu tidak boleh lengah sedikit. Pasalnya di posisi 3, ada Yunani yang juga sama-sama mengoleksi 9 poin. Kalah dari Prancis berarti akan membuat Oranje masuk situasi sulit. 

Sedangkan Prancis di posisi lebih nyaman karena memuncaki klasemen Grup B dengan 15 poin dari 5 laga. Andai menang lawan Belanda, dan di laga lain Yunani gagal mengalahkan Republik Irlandia, Les Bleus akan lolos Euro 2024. 

Bagi Belanda, laga kontra Prancis memang wajib dimenangi untuk tetap on the track dalam target lolos ke Jerman 2024. Jika kemungkinan terburuk, Oranje kalah di laga ini, sebenarnya itu tidak akan menjadi masalah besar. 

Pasalnya, mereka masih punya tiga laga tersisa. Kondisi terkini Belanda berbeda dibandingkan Yunani yang setelah laga kontra Irlandia hanya punya sisa dua laga. Tapi, tim asuhan Ronald Koeman mustahil mengambil jalan yang lebih sulit. Mereka akan all out menghadapi Prancis. 

Modal Belanda tentu ada pada kepercayaan diri tim yang selalu menang di kandang sendiri saat melakoni laga Kualifikasi Euro 2024. Tepatnya, saat mengalahkan Gibraltar dan Yunani masing-masing dengan skor 3-0. 

Selain itu, Belanda juga ingin membalas kekalahan 4-0 di kandang Prancis pada pertemuan pertama lalu. Hanya saja, Belanda tidak bisa membawa skuad terbaiknya. Banyak pemain inti Oranje yang terpaksa absen karena mengalami cedera. Diantaranya, Mark Flekken, Matthijs de Ligt, Sven Botman, Tyrell Malacia, Jurriën Timber, Teun Koopmeiners, Steven Berghuis, Frenkie de Jong, Cody Gakpo, Memphis Depay, dan Noa Lang. 

Kondisi Belanda yang tidak lengkap itu tak membuat Prancis merasa diuntungkan. Bagaimanapun juga, Oranje bermain di kandang sendiri dan tetap punya kualitas mumpuni. Faktor balas dendam juga bisa menjadi hal yang membuat Belanda bermain menggebu di laga nanti. "Ini akan menjadi laga besar dengan banyak hal dipertaruhkan. Kami mengincar tiket lolos dan mereka ingin balas dendam. Kami harap bisa menampilkan performa bagus, meraih hasil bagus, dan pulang dengan membawa tiket lolos," ujar bek Prancis, Ibrahima Konaté, di laman FFF. *

Prediksi Starting XI 
Belanda (3-4-3): Noppert; Ake, Van Dijk, De Vrij; Blind, Reijnders, De Roon, Dumfries; Bergwijn, Malen, Simons. Pelatih: Ronald Koeman.
Prancis (4-2-3-1): Maignan; Theo Hernandez, Lucas Hernandez, Konate, Pavard; Tchouameni, Rabiot; Mbapee, Griezmann, Dembele; Giroud. Pelatih: Didier Deschamps.

Catatan Pertemuan
Belanda menang : 11
Seri : 4
Prancis menang  : 14.

Lima Laga Terakhir
25-03-2023 Prancis 4-0 Belanda (K Euro)
17-11-2018 Belanda 2-0 Prancis (UNL)
10-09-2018 Prancis 2-1 Belanda (UNL)
01-09-2017 Prancis 4-0 Belanda (K Piala Dunia)
11-10-2016 Belanda 0-1 Prancis (K Piala Dunia).

Komentar