nusabali

Fredrik Billy Dkk Ujian VI DAN di Jepang

  • www.nusabali.com-fredrik-billy-dkk-ujian-vi-dan-di-jepang

DENPASAR, NusaBali - Wakil Ketua Umum Pengprov Perkemi Bali Fredrik Billy mengikuti ujian VI DAN di Dojo Honbu, Jepang. Sesuai rencana ujian tersebut akan berlangsung hingga Jumat (13/10).

Selain Fredrik Billy, juga ada lima kenshi lainnya yang ikut ujian VI Dan, yakni Cuk Taruna, Made Mandiyasa, Novalius Karim Djami, Tjok Senapati, dan Tjok Mahadewa. 

Menurut Fredrik Billy saat dikonfirmasi pada Rabu (11/10), ujian mulai dilakukan pada Selasa (10/10), dengan peserta enam kenshi dari Bali, dan dua orang lagi dari luar Bali. Fredrik Billy sendiri saat ini masih berjuang mendapatkan Daikenshi VI DAN. Sebelum ujian praktek, Ketua Bidang Hukum dan Etika KONI Bali itu, lebih dulu lulus ujian teori Tingkatan Ujian Daikenshi DAN VI yang dilakukan secara online atau virtual. 

"Untuk resmi menyandang DAN VI, kita harus menuntaskan ujian praktek. Tahap awal sudah kita lewati, semoga saja ujian praktek bisa dilancarkan. Sebab, petunjuk PB Perkemi, ujian prakteknya langsung di Jepang," tutur Fredrik Billy, yang juga manajer tim kempo Bali.

Fredrik Billy, ujian terisi atau skripsi dikirim ke SWKO di Jepang, lalu dipelajari dan ditentukan jadwal ujiannya. Ujian dilakukan secara virtual dengan dibantu penterjemah bahasa Jepang pada 18 Maret lalu. 

Menurutnya, usai mengikuti ujian dan dalam pengumuman dinyatakan lolos ujian teori dari SWKO Jepang, makanya berlanjut dengan ujian praktek. Dia berharap peserta dari Bali dapat melewati semua tahapan dengan baik. Hingga pada akhirnya benar - benar dinyatakan lulus ujian praktek. 

"Ujian teori kan sudah kita lewati dengan baik, sekarang tinggal tunjukan lewat ujian praktek," kata Fredrik Billy, yang juga mantan Ketua Sidang Musorprov KONI Bali. dek

Komentar