nusabali

Jepang Atasi Perlawanan Vietnam

Suriah Tahan Uzbekistan, China Diimbangi Tajikista

  • www.nusabali.com-jepang-atasi-perlawanan-vietnam

Meski tertinggal, Jepang tetap tenang saat menguasai bola. Kesabaran Jepang membangun serangan berbuah gol penyama 2-2, kembali lewat Minamino. Jepang balik unggu 3-2 pada akhir babak pertama.

DOHA, NusaBali
Enam Gol tercipta dalam laga Jepang kontra Vietnam. Sempat tertinggal 1-2, Samurai Biru mampu bangkit untuk kemudian menang 4-2, pada laga Grup D Piala Asia 2023 di Al Thumama Stadium, Minggu (14/1).

Dengan hasil itu, Jepang di puncak klasemen Grup D dengan tiga poin.

Vietnam di posisi terbawah dengan belum meraih angka. Laga lain di grup D antara Indonesia vs Irak baru akan digelar Senin (15/1) malam.

Samurai Biru membuka keunggulan di menit ke-12. Yukinari Sugawara melepas tembakan usai terjadi kemelut di depan gawang Vietnam. Sepakannya diblok tapi bola liar langsung disambar Takumi Minamino menjadi gol.

The Golden Star merespon dengan baik gol itu. Mereka membuat skor imbang 1-1 empat menit berselang lewat Nguyen Dung Bac yang menanduk bola sepak pojok tanpa bisa dijangkau kiper Zion Suzuki.

Vietnam berbalik memimpin di menit ke-33. Tandukan Bui Hoang Viet Anh menyambut tendangan bebas bisa ditepis Suzuki bola muntah disambar Phạm Tuan Hai menjadi gol.

Meski tertinggal, Jepang tetap tenang saat menguasai bola. Kesabaran Jepang membangun serangan berbuah gol penyama 2-2 di menit ke-45, kembali lewat Minamino yang tak terkawal. Menjelang jeda, Jepang membalikkan keunggulan 3-2 dari aksi Keito Nakamura di menit ke-45+4. Skor 3-2 untuk Jepang mengakhiri babak pertama.

Usai jeda, Jepang tetap menguasai laga, meski serangannya tak setajam babak pertama. Pasukan Hajime Moriyasu baru menambah keunggulan di menit ke-85. Ayase Ueda melepas tembakan yang mengenai bek Vietnam. Kiper Filip Nguyen terkecoh akibat hal ini. Jepang pun menutup 90 menit dengan kemenangan 4-2. 

Sementara pada laga sebelumnya, Uzbekistan mengawali Piala Asia 2023 dengan hasil imbang tanpa gol kontra timnas Suriah di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Minggu dinihari WITA.

Pada laga tersebut Uzbekistan mendominasi pertandingan akan tetapi Suriah mampu memaksakan hasil imbang. Uzbekistan tercatat mampu mengusai penguasaan bola dengan 65 persen serta melepaskan total 11 tendangan yang dua di antaranya tepat sasaran.  Hasil ini membuat Uzbekistan menempati posisi ketiga klasemen Grup B Piala Asia 2023, dan Suriah satu tempat di atasnya. 

Selanjutnya Uzbekistan akan berjumpa India pada pertandingan kedua Grup B Piala Asia 2023, Kamis (18/1), sementara Suriah akan menjalani partai berat kontra Australia pada hari yang sama.

Di laga pertama grup A, China ditahan imbang tim debutan Tajikistan tanpa gol, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Sabtu malam WITA. Tajikistan meraup satu poin setelah menahan imbang China 0-0.

Dengan hasil itu, tuan rumah Qatar memimpin klasemen sementara Grup A dengan tiga poin setelah pada laga pembuka menang 3-0 atas Lebanon. Sedangkan China dan Tajikistan secara berurutan menghuni peringkat ke-2 dan ke-3 klasemen sementara dengan satu poin. ant

Komentar