nusabali

Dayung Sumbang Medali Pertama Indonesia

  • www.nusabali.com-dayung-sumbang-medali-pertama-indonesia

JAKARTA, NusaBali - Rowing atau dayung menyumbangkan medali pertama bagi Kontingen Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou, Minggu (24/9). Dari nomor lightweight women double sculls, pedayung Merah Putih Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri meraih medali perunggu usai mencatatkan waktu 7 menit 17,64 detik, sejauh 2000 meter. Medali emas diraih wakil China dan perak direbut Uzbekistan.

Selain Chelsea dan Mutiara yang mendapatkan medali perunggu, atlet dayung lainnya yang meraih perunggu adalah Ihram dan Memo di Men’s Double Sculls, serta di nomor Men’s Eight yang diperkuat Rifqi Harits Taufiqurahman/Kakan Kusmana/Sulpianto/Rendi Setia Maulana/Asuhan Pattiha/Ferdiansyah/Denri Maulidzar Alghiffari/Ardi Isadi/Ujang Hasbulloh.

Sedangkan cabang olahraga wushu jaga mempersembahkan medali perak melalui Edgar Xavier Marvello. Edgar yang tampil pasca operasi, mendapatkan skor 9,786 dari juri. Dia kalah dari wakil tuan rumah China Sun Peiyuan yang meraih skor 9,840. Urutan ketiga direbut wakil Macau, Song Chi Kuan dengan skor 9,760.

Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia, Ngatino menjelaskan, penampilan Edgar kali ini tidak hanya berjuang melawan lawan-lawannya. Tapi Edgar yang meraih medali perak di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang itu, juga berjuang melawan kondisi kesehatannya sendiri. Ngatino pun optimistis, wushu akan menambah pundi-pundi medali buat Tim Indonesia. 

“Kita harapkan semua harus maksimal, semua harus punya peluang. Tidak melihat lawannya siapa, karena kita tidak tahu di lapangan apa yang akan terjadi,” tutup Ngatino.

Sementara Edgar menyatakan berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan memberikan dukungan kepadanya. Selain orang tua, Edgar juga mengatakan mendapat support luar biasa dari kekasih serta wushu Tim Indonesia, mulai dari pengurus, pelatih, hingga tim dokter, dan fisioterapis.

“Sempat ada beberapa gerakan yang aku baru coba karena merasa sakit, dan baru tadi dicoba (saat pertandingan), seperti ketika lompatan salto ke belakang. Itu sudah lama tak saya lakukan, sekitar sebulanan karena pas dicoba saat latihan rasanya sakit,” ucap Edgar.

Chef de Mission Tim Indonesia untuk Asian Games Basuki Hadimuljono bangga atas prestasi yang telah diraih atlet-atlet Merah Putih di hari pertama perburuan medali. Hingga pukul 18.00 WITA, Tim Indonesia telah mengoleksi 1 perak dan 3 perunggu.

Pria yang juga menjabat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR) ini optimistis Tim Indonesia mampu mendulang sukses. Beberapa cabang olahraga, katanya, memiliki peluang mengisi pundi medali bagi Merah Putih. k22

Komentar