nusabali

Indonesia Wajib Menang Atas Korut

  • www.nusabali.com-indonesia-wajib-menang-atas-korut

HANGZHOU, NusaBali - Pelatih Timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri  memasang target yang tidak bisa ditawar lagi. Ya, Garuda Muda harus menang atas Korea Utara U-24 demi tiket ke babak 16 besar Asian Games 2022.

"Harus menang di partai terakhir Grup F Asian Games 2022 melawan Korea Utara U-24," ujar Indra Sjafri.

"Rencana menghadapi Korea Utara U-24 tidak bisa kami sampaikan. Kami masih mempunyai beberapa hari untuk persiapan," kata Indra Sjafri.

Ya, posisi Timnas U-24 kurang aman dalam penyisihan Asian Games 2022, karena kalah 0-1 dari Taiwan pada laga kedua Grup F Asian Games 2022 di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, Kamis (22/9). 

Saat ini, Timnas U-24 di peringkat kedua klasemen sementara Grup F dengan tiga poin dari dua partai, sama seperti Taiwan, namun unggul selisih gol. Garuda Muda juga terpaut tiga angka dari Korea Utara di klasemen Grup F Asian Games 2022 yang sempurna dalam dua laga Indonesia akan memainkan partai terakhir Grup F sekaligus penentu saat melawan Korea Utara U-24 di Zhejiang Normal University East Stadium, Minggu (24/9). 

Juara grup, runner-up Grup A-F, hingga empat runner-up terbaik lolos ke 16 besar Asian Games 2022. Di Grup F Asian Games 2022, empat negara masih berpeluang untuk melaju ke 16 besar dan terancam tersingkir, termasuk Indonesia.

Meski gagal gagal mendapatkan tiket cepat ke 16 besar Asian Games 2023, peluang Indonesia lolos dari fase grup belum sepenuhnya tertutup.  Jika mengalahkan Korut, Indonesia akan lolos ke 16 besar. Kalau menang dengan selisih lebih dari dua gol, maka Skuad Garuda Muda jadi juara Grup F.

Namun jika menang 1-0 atau dengan selisih satu gol, maka Indonesia hanya akan menjadi runner-up. Ini dikarenakan selisih gol Skuad Garuda Muda saat ini adalah +1, sedangkan Korut+3.

Jika laga berakhir imbang, maka Indonesia masih lolos dengan status runner-up grup di bawah Korut. Namun, syaratnya Taiwan tidak menang atas Kirgistan. Taiwan saat ini di peringkat ketiga klasemen Grup F dengan tiga poin. Jika menang atas Kirgistan, sedangkan laga Indonesia vs Korut berakhir imbang, maka Taiwan akan jadi runner-up.

Timnas Indonesia U-24 yang mengoleksi empat poin akan turun ke posisi tiga. Namun, Skuad Garuda Muda masih bisa lolos sebagai satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Tapi Indonesia harus menggantungkan nasibnya ke tim lain. Di klasemen peringkat ketiga terbaik, saat ini ditempati Taiwan (3 poin), Thailand (1 poin), Qatar (0 poin), dan Vietnam (0). *

Komentar