nusabali

Kian Amburadul, Jerman Dilibas Jepang

  • www.nusabali.com-kian-amburadul-jerman-dilibas-jepang

WOLFSBURG, NusaBali - Tren negatif terus menghampiri Timnas Jerman di bawah kepelatihan Hansi Flick. Dalam laga FIFA Matchday September 2023, Der Panzer kalah memalukan dari sang tamu, Jepang, dengan skor telak 1-4. Kekalahan itu yang terbesar Flick sebagai manajer timnas Jerman.

Ya, Jerman saat ini ditangani mantan pelatih Bayern Munchen. Flick ditunjuk jadi pengganti Joachim Loew yang mengundurkan diri dari jabatannya pada tahun 2021. Sebagai pelatih, Flick punya CV mentereng, usai membawa Bayern Munchen meraih treble winners di kancah Eropa pada 2020.

Namun kian hari, timnas Jerman yang diharapkan tampil semakin baik malah semakin rumyam bersama Flick. Di atas kertas, Der Panzer diunggulkan untuk menang apalagi Flick menurunkan tim terbaiknya dalam laga lawan tim Samurai Biru itu.

Kekalahan kontra timnas Jepang itu memperpanjang tren negatif Der Panzer sepanjang 2023 ini. Total lima laga tanpa kemenangan, dengan rincian empat kekalahan dan sekali imbang. Lebih mengenaskan,  gawang Jerman pun kebobolan 16 gol dan memasukkan enam gol.

Tentu saja catatan itu sungguh memprihatinkan bagis tim sebesar Jerman, yang pernah juara Piala Dunia 2024. Apalagi Jerman juga akan jadi tuan rumah Euro 2024. Ada target besar bagi Flick, yakni jadi juara di rumah sendiri, mengingat Jerman terakhir kali juara di Eropa pada 1996.

Meski punya rekor buruk saat ini, Flick menegaskan dirinya tidak berniat mundur dari jabatannya. Flick sendiri mengaku kecewa melihat penampilan timnya kontra Jepang. Dia mengakui, Jepang sebagai tim yang sangat bagus.

Menurut Flick, timnya kalah karena kesalahannya sendiri. Dia menilai skuat Der Panzer kebanyakan membuat kesalahan individu sehingga hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain Jepang.

Flick mengakui sederet hasil buruk itu membuat banyak pihak menuntutnya mundur dari jabatannya sebagai pelatih timnas Jerman. Namun Flick menekankan, dirinya masih layak menangani skuat timnas Jerman.

"Saya rasa sejauh ini kami melakukan pekerjaan yang bagus dan saya yakin bahwa saya pelatih yang tepat menangani tim Jerman," kata Flick.
 
Timnas Jerman akan kembali menggelar satu laga uji coba di jeda internasional kali ini. Yakni, Die Mannschaft akan menjajal ketangguhan timnas Prancis, Rabu (13/9) besok. *

Komentar