nusabali

Ukir Sejarah! Remaja 16 Tahun Debut dan Cetak Gol untuk Timnas Spanyol

  • www.nusabali.com-ukir-sejarah-remaja-16-tahun-debut-dan-cetak-gol-untuk-timnas-spanyol

TBILISI, NusaBali.com - Pemain Barcelona berusia 16 tahun, Lamine Yamal, menjadi pemain dan pencetak gol termuda untuk tim nasional Spanyol dalam kemenangan telak 7-1 atas Georgia di Kualifikasi Euro 2024.

Yamal, yang berusia 16 tahun dan 57 hari, masuk menggantikan Dani Olmo jelang babak pertama pada pertandingan Grup A Kualifikasi Euro 2024 di Stadion Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, Sabtu (9/9/2023) dini hari WITA.

Dia mencetak gol ketujuh Spanyol di menit ke-74 dengan memanfaatkan umpan silang.

Alvaro Morata mencetak hattrick, sementara gol bunuh diri Solomon Kvirkvelia dan gol dari Olmo dan Nico Williams melengkapi kemenangan tersebut. Sedangkan Georgia sempat memperkecil ketertinggalan melalui Giorgi Chakvetadze.

Yamal merebut rekor pemain termuda dari Gavi, yang berusia 17 tahun dan 62 hari ketika ia melakukan debutnya untuk Spanyol pada 2021.

Ini merupakan tahun yang luar biasa bagi pemain muda tersebut, yang menjadi pemain termuda yang tampil di La Liga untuk Barcelona ketika ia melakukan debutnya pada April.

Dia telah menjadi starter di tiga pertandingan terakhir Barcelona dan dinobatkan sebagai man of the match setelah memberikan dua assist dalam kemenangan 4-3 atas Villarreal bulan lalu.

"Tentu saja saya senang, untuk debut dan gol saya," kata Yamal kepada stasiun televisi Spanyol Teledeporte. "Ini adalah mimpi. Saya sekarang sedang hidup dalam mimpi.

"Saya sangat senang dan saya harus berterima kasih kepada rekan satu tim saya dan pelatih atas kepercayaan yang telah dia berikan kepada saya, dan kepada semua orang yang telah membantu saya di jalan ini."

Hasil itu membuat Spanyol naik ke peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan raihan enam poin dari tiga laga, sedangkan Georgia berada di posisi ke-4 dengan torehan empat poin hasil empat pertandingan.

Secara statistik, Spanyol mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 65 persen penguasaan bola serta melepaskan 23 tendangan yang 13 di antaranya tepat sasaran.

Komentar