nusabali

Piala Soeratin Terancam Berantakan

  • www.nusabali.com-piala-soeratin-terancam-berantakan

DENPASAR, NusaBali - Jadwal Piala Soeratin tiga kelompok umur (KU) Zona Provinsi Bali pada tahun 2023 ini berantakan.

Hal itu dipicu penantian regulasi PSSI Pusat untuk menggelar Piala Soeratin Zona Provinsi Bali belum ditandatangani Ketum PSSI Erick Thohir. Jadwal pelaksanaan tiga kelompok umur (KU) 13 tahun, KU 15 tahun, dan KU 17 tahun hingga kini masih gabeng dan belum ada kejelasan. 

"Kompetisi U-13 sudah kita sudah jadwalkan pada 3 September 2023, namun akhirnya batal digelar karena regulasi belum ada," ucap Eksekutif Committe (Exco) Asprov PSSI Bali, Putu Sugidarmawan, Kamis (7/9). 

Menurut Sugidarmawan yang juga mantan Sekretaris Askab PSSI Tabanan, mau tidak mau jadwal yang awalnya sudah kita susun itu harus kita undur pelaksanaannya. Batalnya kompetisi KU 13 tahun juga diyakini berimbas pada kompetisi KU 15. 

Kompetisi yang awalnya direncanakan digeber pada 17 September 2023 mendatang hingga kini masih menunggu akun Sistem Informasi dan Administrasi PSSI (SIAP). 

Sesuai peraturan untuk kompetisi lokal memang harus ditandatangani Ketum PSSI Pusat Erick Thohir. Kendalanya, sampai sekarang kita belum dapat akun resmi untuk kompetisi Piala Soeratin, baik kompetisi KU 13, KU 15, KU 17 untuk kompetisi zona Provinsi Bali. Akun SIAP ini digunakan sebagai pendaftaran dalam sistem digitalisasi kompetisi sekarang ini. 

"Akun ini yang belum dibuka, karena regulasi belum ditandatangani Ketum PSSI Pusat Erick Thohir. Sistem ini sangat mempengaruhi di daerah bisa menggulirkan kompetisi atau tidak. Padahal kita ingin kompetisi segera dimulai awal September, berlanjut pertengahan September, dan awal Oktober," kata Sugidarmawan. 

Sementara itu dari hasil workshop manager meeting Piala Soeratin Bali di aula rapat KONI Bali beberapa waktu yang lalu, untuk kompetisi KU 13 tahun diikuti oleh 14 klub, dimana pada babak penyisihan dibagi menjadi tiga grup.

Kemudian untuk KU 15 tahun direncanakan dihelat mulai 17 September 2023 diikuti 24 klub dibagi menjadi enam grup. Nah, untuk KU-17 tahun diikuti 13 klub, mulai digeber pada 1 Oktober 2023. Untuk KU 17 tahun ini akan  dibagi menjadi tiga grup juga. dek

Komentar