nusabali

Kempo Hanya Raih Satu Perunggu

  • www.nusabali.com-kempo-hanya-raih-satu-perunggu

DENPASAR, NusaBali - Pengprov Perkemi Bali hanya mampu meraih satu medali perunggu dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (POPNAS) XVI cabang olahraga beladiri Shorinji Kempo, yang berakhir dan ditutup Sensei Indra Kartasasmita sebagai Pendiri Perkemi di Gelanggang Olah Raga Jasdam II Sriwijaya, Minggu (4/9).

Kenshi asal Pulau Dewata Kadek Agus Dwi Dharma Putra di kelas 56 kg putra harus mengakui ketangguhan lawannya dalam semifinal Randori  Perorangan Putra. Kadek Agus dikalahkan Muhamad Farhan  dari Sumatra Barat dengan nilai wasa ari (5) saat perpanjangan sehingga puas meraih medali perunggu. 

Menurut Pelatih Kempo Bali Made Sudapa Sanjaya, kondisi Kadek Agus saat itu sangat kelelahan karena dia baru saja tampil dalam Final Embu Berpasangan  Kyu II/I.

Apesnya, Kadek Agus belum beruntung dan meraih  poin 259 di bawah peringkat pertama dari Sumatera Selatan dengan poin 264/157/89. Lalu tim Nusa Tenggara Timur dengan poin 264/157/87 dan Nusa Tenggara Barat dengan poin 263/159. 

"Setelah tampil di Embu Berpasangan Kyu II/I, Kadek Agus tampil di randori perorangan putra, sehingga kelihatan sekali sangat kelelahan," kata Sudapa Sanjaya. 

Sementara itu Waketum Pengprov Perkemi Bali, Fredrik Billy yang ikut memantau jalannya pertandingan secara langsung di Palembang menyatakan bahwa perjuangan atlet kempo Bali sangat baik dan mereka sudah maksimal. 

Menurut Fredrik Billy, rata-rata peserta randori yang lainnya yang diutus Bali hanya kandas 1 langkah lagi untuk masuk 4 besar di semi final. Baginya, ini merupakan pengalaman berharga bagi atlet pemula, dan selanjutnya kenshi yang tampil di ajang POPNAS sangat bagus sebagai atlet lapis kedua dan ketiga untuk tim kempo Bali di masa mendatang. Harapan Ketua Bidang Hukum dan Etika KONI Bali itu, nantinya kenshi POPNAS dapat menggantikan kenshi Bali yang sudah senior, dan perlu ada regenerasi nantinya.

Fredrik Billy yang juga Sekretaris DPC Peradi Denpasar menambahkan atlet kempo yang tampil di Popnas yakni Putri Rama Dzakiyya nomor embu campuran, I Gede Arya Nandikeswara embu beregu KYU I, Komang Meisha Eka Utami embu beregu campuran, Bulan Purnama Sari randori putri kelas 55 kg, dan Kadek Dika Wirayana randori kelas 50 kg, Gede Agus Darmawan randori kelas 60 kg, Kadek Agus Dwi Dharma Putra randori kelas 55 kg, dan Kadek Ayunda Widiantari Putri randori kelas 50 kg.dek

Komentar