nusabali

Tabanan Kirim 25 Peserta Lomba Utsawa Dharmagita ke Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-tabanan-kirim-25-peserta-lomba-utsawa-dharmagita-ke-provinsi-bali
  • www.nusabali.com-tabanan-kirim-25-peserta-lomba-utsawa-dharmagita-ke-provinsi-bali
  • www.nusabali.com-tabanan-kirim-25-peserta-lomba-utsawa-dharmagita-ke-provinsi-bali

TABANAN, NusaBali - Kabupaten Tabanan mengirim 7 kategori lomba Utsawa Dharmagita yang digelar Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. Lomba pada 4-7 September 2023 bakal dilaksanakan di Taman Budaya Provinsi Bali (Art Center) Denpasar.

Tujuh kategori yang diikuti antara lain Utsawa Membaca Geguritan, Utsawa Menghapal Sloka, Utsawa Membaca Palawakya, Utsawa Membaca Kekawain Remaja Putra, Utsawa Dharma Wacana Berbahasa Inggris, dan Utsawa Nyanyian Keagamaan Hindu. 

Kepala Bidang Adat Dinas Kebudayaan Tabanan Ni Wayan Suciati mengatakan dari 7 lomba yang diikuti ada 25 peserta perwakilan Tabanan mengikut lomba Utsawa Dharmagita Provinsi Bali Tahun 2023. "Kita sudah latihan sebulan persiapan ini," jelasnya, Minggu (3/9). 

Menurutnya, 25 peserta yang mewakili Tabanan ke tingkat Provinsi Bali adalah pilihan. Artinya sudah mengikuti seleksi di tingkat kabupaten hasil dari lomba yang dilaksanakan. "Jadi pemenang yang di kabupaten inilah yang mewakili provinsi," tegasnya. 

Dia berharap 25 peserta ini bisa membawa nama baik Tabanan serta bisa mewakili nasional. "Persiapan kita sudah sangat siap. Kita sudah latihan sebulan melibatkan pembina. Kemudian kita juga sudah lakukan gladi di kabupaten dan provinsi. Mudah-mudahan kita bisa mewakili nasional," harap Suciati. 

Seperti diketahui lomba Utsawa Dharmagita ditingkat Provinsi Bali 2013 adalah lomba ke-31. Pada tahun ini penyelenggaraannya terpisah dengan Pesta Kesenian Bali (PKB) yang telah digelar Juni-Juli lalu.

Utsawa Dharmagita ini merupakan event yang sangat penting. Utsawa Dharmagita ini murni lomba. Bali selalu mengikuti Utsawa Dharmagitha di tingkat nasional, sehingga ajang ini menjadi persiapan mengikuti ajang yang sama di tingkat nasional yang digelar setiap tiga tahun sekali. Karena itu, Disbud selalu mengadakan seleksi di tingkat Provinsi Bali sebanyak dua kali, kemudian mengikuti lomba di tingkat nasional. 7des

Komentar