nusabali

Songsong PKB, Disparbud Mulai Bina Kontingen

  • www.nusabali.com-songsong-pkb-disparbud-mulai-bina-kontingen

BANGLI, NusaBali - Menyongsong pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-46, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli  telah melakukan persiapan. Pada PKB tahun ini kabupaten Bangli terlibat di 11 materi dari 16 materi  yang digelar panitia.

Kabid Kesenian Disparbud Bangli I Nyoman Wiradana mengatakan pada PKB tahun ini sebanyak 16 materi yang diselenggarakan, dari jumlah materi tersebut, Kabuaten Bangli hanya mengikuti  11 materi.

Sebagai bentuk persiapan para seka atau sanggar yang terlibat telah mulai melakukan persiapan dengan melakukan latihan. Contohnya untuk parade gong kebyar dewasa  dan wanita serta anak-anak sejak akhir bulan Januari  telah mulai melakukan latihan “Jauh hari telah dilakukan persiapan karena materi untuk gong kebyar khususnya dewasa, didukung dengan penampilan pragmentari dan tabuh lelambatan kreasi serta didukung tari kreasi sehingga butuh waktu dalam persiapanya,” ungkapnya Jumat (22/3).

Kata  Nyopman Wiradana untuk gong kebyar dewasa  di wakili Sanggar Candra Kirana , Banjar Penaga, Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku dan Gong Kebyar Wanita  di wakili Sanggar Sakura Dewata, Banjar Metra Kaje, Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku serta  untuk gong kebyar anak- anak di wakili  Sanggar Warnas, LC Uma Aya, Bangli. "Kami sudah turun melakukan pembinaan, selain itu  dalam pembinaan juga akan dilakukan tim dari  provinsi,” jelasnya. Khusus untuk gong kebyar pihaknya turun tiga kali lakukan pembinaan agar dalam penampilan bisa optimal.

Lanjutnya, untuk gong kebyar dewasa di plot anggran Rp 300 juta, sedangkan untuk gong kebyar wanita dan anak-anak Rp 250 juta. Dia tidak menampik tentang anggaran yang tersedia cukup minim, oleh karena itu seke atau sanggar yang ditunjuk untuk pintar-pintar dalam mengelola anggaran yang tersedia. "Khusus untuk gong kebyar alokasi anggaran yang disediakan sama dengan tahun lalu,” ujarnya. 7esa

Komentar