nusabali

Bola Tangan Putra-Putri Raih Tiket PON 2024

  • www.nusabali.com-bola-tangan-putra-putri-raih-tiket-pon-2024

DENPASAR, NusaBali - Pengprov Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Bali meloloskan tim putra dan putri lolos ke ajang PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Tim putra-putri bertengger di enam besar dan lolos dari babak kualifikasi PON yang digelar sejak 28 Agustus 2023, di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Jakarta, Sabtu (2/9).

Menurut Ketum Pengprov Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Bali, I Ketut Teneng, tim putri lolos lebih dulu karena hanya bertanding lima kali dalam babak kualifikasi PON. Sedangkan tim putra lolos PON, usai pada laga terakhirnya mengalahkan Sulsel 36-11. Dengan hasil tersebut, Bali lolos ke PON di nomor tim putra dan putri. 

"Lolos PON berhasil dipenuhi, terlepas sebelumnya mampu meraih medali. Terpenting target lolos sudah berhasil terpenuhi," tegas Ketut Teneng, yang juga mantan Kepala Inspektorat Provinsi Bali.

Ketut Teneng mengatakan di bagian putra Bali belum berhasil meraih medali, karena tim Bali gagal jadi juara grup dalam fase penyisihan. Namun tim Bali merebut dalam hal peringkatan terakhir yang masuk posisi enam besar. 

"Kita harus mengakui keunggulan tim Jabar, DKI Jakarta, Kaltim, Jateng, dan Jatim," tutur Ketut Teneng. 

Dalam ajang kualifikasi PON itu, Bali menerjunkan 24 atlet terdiri dari 12 atlet putra dan 12 atlet putri. Tim putra diikuti 13 tim di bagi dalam tiga grup, dan Bali di grup C bersama DKI Jakarta dan Kalbar. Sedangkan tim putri diikuti 13 tim, dan menggunakan sistem setengah kompetisi. hasil akhir perangkingan peringkat 1-6 besar lolos PON. dek

Komentar