nusabali

Latih Arab Saudi, Mancini Incar Piala Asia

  • www.nusabali.com-latih-arab-saudi-mancini-incar-piala-asia

RIYADH, NusaBali - Roberto Mancini mengatakan ia berharap dapat memimpin Arab Saudi untuk menjuarai Piala Asia, ketika ia meneken kontrak bernilai puluhan juta dolar untuk melatih negara tersebut.

Keputusan Mancini untuk melatih timnas Arab Saudi hanya terjadi dua pekan setelah ia mengundurkan diri sebagai pelatih Timnas Italia.

Mantan pelatih Inter Milan dan Manchester City itu memegang kaus hijau bertuliskan ‘Mancini 2027’, setelah ia meneken kontrak untuk melatih Arab Saudi sampai Piala Dunia selanjutnya.

Mancini disebut-sebut ditawari kontrak bernilai lebih dari 25 juta dolar untuk bergabung dengan Arab Saudi. Meski demikian, ia membantah bahwa keputusannya untuk hengkang dari Timnas Italia adalah agar bisa melatih timnas berjuluk Elang Hijau tersebut.

"Target kami adalah berusaha untuk menjuarai Piala Asia setelah 27 tahun. Kami memiliki empat bulan. Kami memiliki pertandingan-pertandingan persahabatan. Kami memiliki dua pertandingan untuk (kualifikasi) Piala Dunia dan setelah itu kami memiliki 20 hari untuk persiapan Piala Asia," kata Mancini seperti dikutip dari AFP.

"Kami tahu bahwa ada banyak tim papan atas seperti Jepang, seperti Australia, seperti Korea (Selatan). Namun saya yakin bahwa kami akan pergi sana, dan kami akan berusaha untuk memenanginya," tambahnya.

Mancini merupakan akuisisi sosok papan atas terkini yang didatangkan Arab Saudi, setelah sejumlah pesepakbola papan atas bermigrasi ke negara Timur Tengah itu.
Ia tiba di Riyadh hanya beberapa hari setelah mega bintang Brasil Neymar didatangkan ke ibukota. Neymar bergabung dengan sejumlah bintang dunia lain seperti Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema di Liga Arab Saudi.

Membangun tim nasional yang kuat terlihat seperti langkah penting bagi transformasi sepakbola Arab Saudi, yang merupakan bagian dari rencana ambisius mereka untuk membentuk ulang citra negara ultra konservatif yang sangat tergantung pada ekspor minyak bumi.

Arab Saudi menghuni posisi ke-54 dalam peringkat dunia FIFA, jauh di bawah tim papan atas Asia lainnya. Timnas putri Arab Saudi, yang baru memainkan pertandingan pertamanya tahun lalu, menduduki posisi ke-172 dari 186 negara.

Timnas Arab Saudi tidak memiliki pelatih sejak Maret silam, setelah Herve Renard hengkang untuk melatih timnas putri Prancis.7ant

Komentar