nusabali

Piala AFF Resmi Jadi ASEAN Cup

  • www.nusabali.com-piala-aff-resmi-jadi-asean-cup

JAKARTA, NusaBali - Piala AFF resmi berganti nama mulai edisi 2024. Ya, turnamen antarnegara ASEAN ini akan berganti nama menjadi ASEAN Cup atau Piala ASEAN pada 2024. Pergantian nama itu diumumkan pihak AFF pada Kamis (29/2) pagi WITA. Selain nama turnamen, AFF juga meluncurkan logo baru ASEAN Cup.

Presiden AFF Mayjen Khiev Sameth beharap dengan perubahan di ASEAN Cup akan lebih dari sekadar berubah nama dan logo. Sameth juga ingin ada semangat baru dari para peserta.

"Logo baru ini juga terus mewujudkan solidaritas yang tak terpatahkan, semangat pantang menyerah, budaya yang beragam, dan semangat bersama terhadap sepak bola di wilayah kita," kata Sameth.

AFF juga menetapkan jadwal drawing, yang juga akan diikuti 10 negara anggota AFF dan dibagi menjadi dua grup. Drawing dilakukan di Hanoi pada 21 Maret 2024, dan menentukan pembagian grup bagi peserta ASEAN Cup 2024.

Bagi Indonesia, ASEAN Cup 2024 bisa jadi momen penting. Sebab, Indonesia butuh gelar juara. Setelah punya pencapaian bagus lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, progres Timnas Indonesia akan terlihat sangat positif jika mampu menjadi juara ASEAN Cup 2024.

ASEAN Cup 2024 resmi akan digelar pada 23 November hingga 21 Desember 2024. Timnas Indonesia sekali lagi akan berusaha merengkuh trofi juara pertama sepanjang sejarah. Juara bertahan Piala AFF adalah Timnas Thailand, yang mengalahkan Vietnam agregat 3-2 dalam final 2022.

Thailand masih jadi penguasa Piala AFF dengan jumlah tujuh gelar, disusul Timnas Singapura empat trofi, Vietnam dua gelar, dan Malaysia satu trofi. Sedangkan Indonesia hanya mampu menjadi runner-up enam kali Piala AFF. *

Komentar