nusabali

Siap-Siap! Ada Kejutan dari Pengembangan Puskesmas Petang II

  • www.nusabali.com-siap-siap-ada-kejutan-dari-pengembangan-puskesmas-petang-ii

MANGUPURA, NusaBali.com - Pemkab Badung kini tengah memprogres proses peralihan Puskesmas Abiansemal I di Desa Blahkiuh dan Puskesmas Petang II di Desa Pelaga menjadi rumah sakit.

Puskesmas Abiansemal I dirancang menjadi rumah sakit Tipe C. Sedangkan, Puskesmas Petang II dirancang jadi rumah sakit Tipe D. Kedua rumah sakit baru di Badung utara ini ditarget soft opening pada Desember 2023 ini.

Peralihan dua puskesmas di Kecamatan Abiansemal dan Petang ini sudah digodok sejak 2017, mulai dengan pembangunan gedung yang sesuai. Kemudian, mengalami pasang-surut dalam perjalanan memenuhi aspek-aspek lain di dalamnya.

"Prosesnya sedang berjalan secara simultan untuk memenuhi standar rumah sakit Tipe C dan Tipe D sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (PMK)," tutur Kepala Dinas Kesehatan Badung dr Made Padma Puspita, dijumpai di Puspem Badung, Senin (28/8/2023).

Berdasarkan PMK RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit, rumah sakit tipe atau kelas C harus memiliki minimal 100 tempat tidur. Untuk rumah sakit kelas D, minimal memiliki 50 tempat tidur.

Kata dr Padma, kedua puskesmas sudah siap secara infrastruktur dan fasilitas gedungnya. Namun, pendirian rumah sakit tidak sekadar fisik. Ada perizinan dan persyaratan yang harus dipenuhi sesuai regulasi.

Untuk itu, mantan Wakil Direktur Pelayanan RSD Mangusada ini menyembut kedua puskesmas yang beralih status jadi rumah sakit itu akan soft opening dulu. Begitu siap secara administratif dan akreditasi, baru kemudian rumah sakit bisa beroperasi secara penuh.

Sebagaimana rumah sakit umum, kedua Puskesmas yang siap jadi rumah sakit ini bakal memberikan pelayanan medik dasar dan spesialis dasar. Untuk medik spesialis dasar terdiri dari penyakit dalam, anak, bedah, serta obstetri dan ginekologi.

"Puskesmas Petang II akan jadi Tipe D dengan minimal 50 tempat tidur. Tapi akan berkembang lagi tahun depan jadi rumah sakit Tipe C dengan kekhususan pariwisata dan rehabilitasi," imbuh dr Padma.

Rumah sakit Petang ini dikatakan sudah dirancang desain pengembangan jangka panjangnya. Di mana, ada satu pembeda yang bakal dibangun sebagai bagian dari peralihan Puskesmas Petang II jadi rumah sakit.

"Yang di Petang akan beda bentukannya. Karena kami ingin ada daya ungkit untuk kemajuan di daerah sana," ujar dr Padma.

Dr Padma enggan merinci apa-apa saja yang mungkin jadi kejutan di Petang. Meski begitu, ia sempat membocorkan visual desain 3D pengembangan Puskesmas Petang II.

Sepintas, lahan puskesmas yang ada saat ini akan diperluas untuk membuat kompleks bangunan lain secara bertahap. Kemudian, terdapat area yang akan berfungsi semacam resort bagi pasien. Hal ini menyusul pengembangan wacana medical tourism di Badung.

"Nantilah kita lihat, jangan dibocorin semuanya," canda dr Padma, mengimbuhkan bahwa desain sementara ini masih dalam proses feasibility study (studi kelaikan). *rat

Komentar