nusabali

Tampilkan ‘Opera in Paradise’, Rangkuman Karya Opera Ternama Dunia

Hari Ini Penutupan PKB Ke–45 dan Pembukaan Festival Seni Bali Jani V

  • www.nusabali.com-tampilkan-opera-in-paradise-rangkuman-karya-opera-ternama-dunia

Meski ‘Opera in Paradise’ akan ditampilkan dengan style asli Eropa, namun juga memasukkan karakter khas Indonesia dengan lagu ‘Chopin Larung’ karya Guruh Soekarnoputra.

DENPASAR, NusaBali - Pertunjukan opera bertajuk ‘Opera in Paradise’ akan menjadi acara pertama sekaligus pembuka ajang Festival Seni Bali Jani V Tahun 2023, Minggu (16/7). Opera ini dipersembahkan Sanggar Heny Janawati Vocal Expert yang menghadirkan kolaborasi Surabaya Opera Academy, Amadeus Orchestra, dan Voice of Bali.

Surabaya Opera Academy sendiri beranggotakan penyanyi-penyanyi klasik dari berbagai daerah di tanah air, yang telah meraih banyak prestasi baik di tingkat nasional maupun international. Begitu juga Amadeus Orchestra, kelompok orchestra dari Surabaya yang telah meraih banyak prestasi. Tak terkecuali VoB (Voice of Bali) yang juga telah menorehkan prestasinya baik di tingkat nasional dan internasional.

Heny Janawati BMus, MMus (Sanggar Heny Janawati Vocal Expert) bertindak sebagai pengarah artistik dan Patrisna May Widuri (Amadeus Orchestra) sebagai konduktor.

“Kami akan menampilkan untaian skena karya-karya opera ternama di dunia. Bisa dikatakan, ‘Opera in Paradise’ adalah pertunjukan opera pertama di Bali dengan tujuan untuk memberikan pengalaman musik yang unik dan berkualitas yang belum pernah dinikmati oleh pecinta seni di Bali,” ujar Heny Janawati, di sela gladi di Hall Bank Indonesia Provinsi Bali, Jalan Letda Tantular, Niti Mandala, Denpasar, Sabtu (15/7).

Selama 60 menit pertunjukan akan menampilkan karya-karya opera ternama di dunia, dari karya Wolfgang Amadeus Mozart hingga karya Giuseppe Verdi. Semuanya akan ditampilkan dengan style asli dari Eropa untuk memberikan gambaran tentang bagaimana karya opera yang sebenarnya.

“Walaupun ‘Opera in Paradise’ ditampilkan dengan style original dari Eropa, kami juga memasukkan karakter khas Indonesia dengan mengawali pertunjukan menggunakan lagu ikonik Chopin Larung karya komposer Indonesia, Guruh Soekarnoputra. Lagu ini akan saya nyanyikan bersama tenor Ganda Charisma Kristi,” tutur Heny Janawati.

Menurutnya, latihan vokal dan koreografi sudah dimulai sejak Juni 2023. Selain melatih para solois dari Surabaya Opera Academy di Surabaya, pihaknya juga memimpin latihan bersama choir Voice of Bali di Denpasar.


Untuk memunculkan karakter opera sesungguhnya, pertunjukan akan didukung komponen fundamental dalam seni opera seperti akting, props, kostum, dan tarian untuk menghasilkan pementasan yang bersifat teatrikal dan dramatis. Pertunjukan berisi 12 scene dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Bali, bahasa Inggris, bahasa Italia, bahasa Prancis, dan bahasa Jerman.

Seperti diketahui setelah sebulan merayakan ragam capaian seni tradisi dalam perhelatan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-45 tahun 2023, para pecinta seni dan masyarakat luas mendapat kesempatan menyaksikan perhelatan seni modern kontemporer berikut inovasi terkininya melalui ajang Festival Seni Bali Jani (FSBJ) V tahun 2023.  

Gubernur Bali Wayan Koster akan menutup PKB 2023, kemudian Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin lanjut membuka FSBJ V Tahun 2023, dalam satu panggung yakni di Ardha Candra, Taman Budaya Provinsi Bali, di Denpasar, Minggu (16/7) petang.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Gede Arya Sugiarta, menyampaikan pelaksanaan FSBJ V pelaksanaannya terangkai setelah penutupan PKB. Dengan harapan masyarakat yang berduyun-duyun selama ini menyaksikan Pesta Kesenian Bali turut pula hadir mengapresiasi pergelaran seni di Festival Seni Bali Jani.  

Selain itu, dinamika berkesenian dan berkebudayaan di Bali, sesungguhnya antara seni klasik dan tradisi terangkai padu dengan seni-seni modern dan kontemporer dalam kenyataan keseharian maupun penciptaan selama ini.

“Secara konseptual dan dalam praktik penciptaan, proses berkesenian di Bali itu berlangsung secara keberlanjutan dalam perubahan. Dinamika keberlanjutan dalam perubahan tersebut mewarnai penciptaan seni-seni tradisi dan modern yang sama-sama berkembang dan bertumbuh dengan dinamis di Pulau Bali. Jadi, setelah merawat dan mengembangkan seni tradisi (melalui PKB, Red), kita lanjut melakukan inovasi penciptaan seni-seni modern kontemporer melalui Festival Seni Bali Jani,” ujar Rektor ISI Denpasar periode 2012–2021, ini.

Selaras hal tersebut, dalam acara penutupan PKB ke-45 yang biasanya disuguhkan sendratari, akan tetapi kali ini karena terangkai pembukaan FSBJ V tahun 2023, maka yang dipergelarkan adalah ‘Opera in Paradise’, sebentuk drama musikal kolosal. Bertindak sebagai sutradara yakni IGA Ngurah Heny Janawati, yang tersohor sebagai mezzo soprano. 7 cr78

Komentar