nusabali

PKB Tahun 2024 Buleleng Ikuti 9 Jenis Pertunjukan

  • www.nusabali.com-pkb-tahun-2024-buleleng-ikuti-9-jenis-pertunjukan

SINGARAJA, NusaBali - Dinas Kebudayaan Buleleng menyiapkan lebih awal sekaa dan sanggar seni yang akan menjadi duta Buleleng dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) Bali tahun 2024.

Ada 9 jenis pertunjukan seni yang akan diikuti Kabupaten Buleleng. Sejumlah sanggar seni juga sudah ditunjuk Dinas Kebudayaan Buleleng, untuk dapat mempersiapkan diri lebih awal.
 
Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng I Nyoman Wisandika, Minggu (28/1) kemarin mengatakan, penunjukan sanggar seni yang akan mewakili Buleleng dalam PKB diputuskan dengan berbagai pertimbangan. Disbud Buleleng pun memastikan perwakilan Buleleng tidak sekedar ditunjuk, tetapi mereka yang dinilai kompeten.
 
“Kami Disbud sudah punya tim khusus yang menginventarisir sanggar-sanggar seni di Buleleng. Selain juga ada usulan beberapa sanggar seni, data itu dinilai, mana sanggar yang produktif dan aktif berkarya. Karena ini pertunjukan bergengsi harus benar-benar yang memang bisa menampilkan yang terbaik untuk Buleleng,” ucap Wisandika.
 
Sembilan jenis kesenian yang akan diikuti Buleleng yakni Peed Aya yang akan ditampilkan di acara pembukaan PKB 2024, yang akan diwakili oleh Sekaa Truna Banyuning. Dalam Peed Aya ini akan mengikutkan 200 peserta parade. Lalu pertunjukan gong kebyar anak-anak dari Sanggar Bayu Teja Budaya Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt. Gong Kebyar Wanita dari sanggar seni Jagratara Banjar Tegallenga, Desa Kalisada, Kecamatan Seririt. Sedangkan Gong Kebyar Dewasa akan diwakili Seka Gong Kebyar Dharma Pradangga Desa Tukadmungga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.
 
Selain itu Buleleng akan mengirim perwakilan joged bumbung Wahyu Ulangun Desa Nagasepaha dan Sekaa Joged Mangun Semara Desa Selat. Lalu Baleganjur Desa Panji dan dua Gong Kebyar Legendaris yakni Gong Kebyar Eka Wakya Banjar Paketan Kelurahan Paket Agung dan Gong Kebyar Desa Jagaraga.
 
“Setelah penunjukan mereka sudah mulai mempersiapkan diri, membuat garapan dan juga berlatih sebelum tampil nanti pada bulan Juni mendatang. Dalam proses latihan juga ada pembinaan dari kami di Disbud Kabupaten dan Disbud Bali,” papar Wisandika.7 k23

Komentar