nusabali

Tiga Pecatur Badung Diharapkan Lolos PON

Jumbara Nasional IX Lampung Selata

  • www.nusabali.com-tiga-pecatur-badung-diharapkan-lolos-pon

MANGUPURA, NusaBali - Pengkab Percasi Badung berharap tiga pecatur yang bergabung tim Bali di ajang Pra PON mampu meraih tiket PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Peluang tersebut diakui cukup terbuka, meski akan mendapatkan lawan berat dari pecatur Jawa. Tiga pecatur itu, yakni Wahyu, Gresia Sumakto, MNW Kadek Iin Dwijayanti.

Ketum Pengkab Percasi, Wayan Suanda pada Jumat (30/6) mengakui kualifikasi cabang olahraga catur untuk putra dan putri dipisah. Sesuai rencana PON catur putra dilangsungkan pada pekan ketiga Agustus 2023 di Palangkaraya, sedangkan untuk putri pada pekan kedua atau pekan ketiga November 2023 di Jawa Barat. 

Menurut Suanda, Pra PON menggunakan sistem zona sedangkan untuk putri dengan sistem ketemu dari semua provinsi. Suanda mengatakan terlepas dari semua itu persaingan dengan atlet catur asal kepulauan Jawa dinilai sangat berat, semua itu karena dari catatan yang ada dia masih mendominasi di ajang nasional. 

"Atlet Jawa itu gudangnya ada grand master, pecatur internasional juga ada, sedangkan kita standar masih sulit bersaing," tutur Suanda. 

Terlepas dari semua itu, kata Suanda, mudah-mudahan ada pecatur asal Badung yang lolos PON. Untuk tim putri yang dikirim bergabung tim Bali, Suada berharap dapat masuk lima besar, sehingga tiket PON jadi aman.

Suanda mengakui pengalaman sebelumnya saat Percasi Badung menggelar sport tourism di Politeknik Negeri Bali, ada delapan master internasional didatangkan, dan pecatur Bali memang sulit mengalahkan. Meski lawan akan jadi  batu sandungan, tapi Suada tetap berusaha memenuhi target ikut meloloskan atlet menuju PON di Aceh dan Sumatera Utara. 

Sementara itu, Sekretaris Umum Pengprov Percasi Bali, Putu Widhiari menegaskan Bali masuk zona Kalimantan terdiri dari enam provinsi terdiri dari Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. 

Sedangkan kalau putri tidak menggunakan zona jadi semua provinsi bertemu. Sehingga untuk tim putra pecatur yang boleh turun hanya 5 pecatur tanpa cadangan untuk setiap provinsi, demikian juga untuk tim putri. 

Rencananya Pra PON untuk putra maka juara zone langsung lolos PON 2024 sedangkan peringkat 2 dan 3 di zona akan mengikuti play off yang digelar bersamaan dengan Pra-PON catur putri. Sedangkan untuk putri, pecatur yang masuk 8 besar yang akan lolos ke PON 2024. dek

Komentar