nusabali

Maria Londa Raih Emas Kejurnas

  • www.nusabali.com-maria-londa-raih-emas-kejurnas

Maria Londa memanfaatkan ajang kejurnas untuk melatih otot-oto dan siap bertanding berturut-turut pada Asian Games 2023 mendatang.

SOLO, NusaBali - Atlet lompat jauh dari Bali, Maria Natalia Londa meraih medali emas Kejurnas yang berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/6) malam. Anak pertama dari tiga bersaudara tersebut, mendapatkan medali emas dengan lompatan 6,09 meter. 

Pelatih I Made Sukariata pun mengucapkan bersyukur atas kesuksesan yang diraih atlet sekaligus istrinya tersebut. Pasalnya di Kejurnas, Maria sebenarnya tidak ditargetkan secara khusus memperoleh medali. Nyatanya Maria sukses menempati posisi pertama di Kejurnas. "Maria mendapat lompatan sejauh itu pada kesempatan ketiga," ujar Made Sukariata kepada NusaBali, Senin (26/6).

Lompatan Maria lumayan  jauh dari pesaingnya. Peringkat kedua, ditempati atlet dari Jawa Timur, Karunia Nur Gemila dengan lompatan 5,70 meter. Lalu tempat ketiga atlet Banten, Maesaroh dengan lompatan 5,67 meter.

Usai berlaga di lompat jauh, Maria akan turun di lompat jangkit pada Senin malam. Di lompat jangkit, Maria juga tidak ditargetkan khusus. Sebab, kata Made Sukariata, ajang Kejurnas Maria gunakan untuk melatih otot-ototnya agar kelak terbiasa mengikuti kejuaraan secara berurutan.

Dengan begitu, memudahkan Maria untuk adaptasi. Maria sendiri merupakan atlet Pelatnas yang sedang dipersiapkan mengikuti Asian Games 2023 Hangzhou, China pada 23 September hingga 8 Oktober. Sebelum turun di Asian Games, Maria akan try out ke Thailand.

Di sana, peraih medali emas Asian Games 2014 Incheon, Korea ini mengikuti Kejuaraan Asia dari 12-16 Juli. Maria dijadwalkan hanya mengikuti lompat jauh. Pertandingannya berlangsung secara berdekatan antara babak kualifikasi dan final. "Misal pertandingan kualifikasi hari ini, besoknya final. Oleh karena itu, melalui Kejurnas saya ingin melatih Maria agar terbiasa mengikuti pertandingan secara berurutan sehingga nanti, ototnya terbiasa pula," terang Made Sukariata. 7k22

Komentar