nusabali

Indonesia ke Semifinal Piala Uber

Bekuk Thailand, Ester Akhiri Penantian 14 Tahun

  • www.nusabali.com-indonesia-ke-semifinal-piala-uber

Luar biasa penampilan tim Uber Indonesia. Secara keseluruhan sangat membanggakan bagaimana Gregoria, Apri/Fadia dan Ester jatuh bangun berjuang di lapangan.

CHENGDU, NusaBali - Tunggal putri kedua Ester Nurumi Tri Wardoyo mengakhiri penantian 14 tahun tim bulutangkis putri Indonesia masuk ke semifinal Piala Uber. Ya, Tim Merah Putih menang 3-0 atas Thailand, setelah Ester melibas Supanida Katethong 19-21, 21-19, 21-19 dalam tempo 83 menit, di Chengdu Hi Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Senin (29/4). 

Pencapaian itu terasa spesial. Indonesia kembali menjejakkan kaki di semifinal di Piala Uber setelah terakhir melalukannya pada 2010 atau 14 tahun lalu, di Kualalumpur, Malaysia. Selanjutnya Indonesia akan berjumpa Korea Selatan di babak empat besar, Sabtu (4/5).

Indonesia mendulang poin pertama melalui tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung. Dia tampil memukau dan membuat kejutan dengan mengalahkan tunggal pertama Thailand, Ratchanok Intanon. 

Sebelumnya, Gregoria tak pernah memenangi duel kontra Ratchanok pada laga resmi. Kali ini, dia memutus kutukan dan menang 22-20, 21-18 dalam pertarungan alot selama 50 menit. 

Tim Merah putih memperlebar keunggulan menjadi 2-0 melalui ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Mereka tampil percaya diri saat dan menundukkan ganda pertama Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, 21-17, 21-14.

"Bersyukur karena pertandingan hari ini bisa lewat dengan baik. Saya berpikir kemenangan untuk diriku dulu karena selama tur internasional belum sekalipun saya menang atas Intanon,”kata pemain yang akrab disapa Jorji itu. 

Sedangkan Apriyani/Fadia mengakui sempat dilanda kegugupan saat awal pertandingan. Namun, perlahan perasaan itu berhasil diredam. 

"Awal masuk sampai poin 15 gim pertama saya merasakan tegang dan coba melepaskan itu dengan meyakinkan diri sendiri, dibantu Fadia juga untuk setiap pukulan tidak harus memikirkan kaki saya," ujar Apriyani. 

Sedangkan Ester  mengaku senang membawa Indonesia ke semifinal, dan menjadi penentu kemenangan  tim. “Setelah 14 tahun akhirnya Indonesia bisa masuk ke semifinal, itu adalah target yang mau kami raih dan kami happy banget,” ujar Ester Nurumi.

Manajaer tim sekaligus Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja mengatakan sangat bangga dengan perjuangan tim bulu tangkis putri Indonesia sehingga lolos ke semifinal Piala Uber 2024.

“Luar biasa penampilan tim Uber Indonesia. Secara keseluruhan sangat membanggakan bagaimana Gregoria, Apri/Fadia dan Ester jatuh bangun berjuang di lapangan,” kata Ricky.

Menurut Ricky, Gregoria menjadi kunci sebagai pembuka jalan kemenangan. Apri/Fadia menunjukkan kesiapannya dalam bertanding. Dan Ester dengan mental yang benar-benar kuat, ketika stamina sudah terkuras, tinggal bergelut dengan dirinya sendiri dan itu mampu dilewati.

Peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 itu menilai, gabungan pemain senior dan junior membuat tim menjadi solid dan terpacu untuk menunjukkan penampilan terbaik mereka di ajang beregu elite ini.

Saat ini, Ricky mengatakan para pemain sedang melakukan pemulihan agar bisa berada dalam performa terbaik mereka di babak semifinal melawan Korea Selatan, Sabtu  ini. ant

Komentar