nusabali

Doucoure Selamatkan Everton dari Degradasi

Burnley, Sheffield United, dan Luton Town Promosi ke EPL

  • www.nusabali.com-doucoure-selamatkan-everton-dari-degradasi

JAKARTA, NusaBali - Gol tunggal Abdoulaye Doucoure menyelamatkan Everton dari jurang degradasi, saat mengalahkan Bournemouth 1-0, pada laga pekan ke-38 atau terakhir Liga Primer Inggris, di Stadion Goodison Park, Liverpool, yang berakhir Senin (29/5) dinihari Wita.

Kemenangan itu membuat Everton berada di posisi ke-17 dengan 36 poin dari 38 laga, atau berselisih dua poin dari zona degradasi. Pada laga itu, Everton sejatinya hanya mencatatkan 38 persen penguasaan bola, namun mampu melepaskan 13 tendangan yang enam di antaranya tepat sasaran.

Di sisi lain, Leicester City dan Leeds United harus terdegradasi ke Divisi Championship musim depan. Mereka akan menemani Southampton yang dipastikan turun kasta beberapa pekan sebelumnya.

Meski menang 2-1 atas West Ham United dalam laga terakhirnya di King Power Stadium, namun perolehan poin Leicester 34 atau tertinggal dua poin dari Everton. 

Dengan hasil itu, petualangan sembilan musim The Foxes telah usai. Lecester adalah juara Liga Primer Inggris 2015/2016, juara FA Cup 2020/2021, dan Community Shield 2021/2022.

Sedangkan Leeds United gagal menambah poin, usai kalah telak 1-4 di melawan tamunya Tottenham Hotspur, di Elland Road Stadium. Hasil itu membuat tim asuhan Sam Allardyce di posisi 19 klasemen akhir setelah hanya mengumpulkan 31 poin. Mereka turun ke kasta kedua setelah tiga musim berturut-turut berkiprah di kasta tertinggi.

Sementara itu, posisi ketiga tim tersebut di atas akan digantikan tiga tim EFL Championship yang promosi ke EPL, yakni  Burnley, Sheffield United, dan Luton Town.

Burnley dan Sheffield promosi ke EPL karena finis di posisi pertama dan kedua klasemen akhir EFL Championship 2022/2023, sedangkan Luton Town promosi ke EPL melalui babak play-off setelah mengalahkan Coventry City di final lewat drama adu penalti 5-6.

Dengan berakhirnya Premier League, maka dipastikan empat tim teratas masuk Liga Champions musim depan, yakni sang juara Manchester City (89 poin), runner up Arsenal (84), Manchester United (75) dan Newcastle United (71). Sedangkan Liverpoon (67) dan Brighton and Hove Albion (62) berlaga di Liga Europa. Lalu Aston Villa (61) di peringkat tujuh masuk Liga Conference Eropa.

Perhelatan sepakbola Inggris musim ini masih menyisakan satu laga final Piala FA, antara duo Manchester, yakni ManCity dan ManUnited. Kedua tim akan berlaga di laga final pada Sabtu, Juni mendatang, di Standion Wembley, London. 

Dalam laga pamungkas EPL nasib berbeda dialami dua klub Manchester. MU meraih kemenangan setelah sempat tertinggal lebih dulu, dan Man City harus kalah di markas Brentford.

MU yang menjamu Fulham kebobolan lebih dulu oleh Kenny Tete pada menit ke-19. Namun, MU bangkit dan mencetak dua gol yang dibuat oleh Jadon Sancho pada menit ke-39 dan Bruno Fernandes pada menit ke-55.

ManCity yang sudah mengamankan gelar juara Premier League musim ini, harus mengalami kekalahan saat bertandang ke markas Brentford. Man City kalah 0-1 dari Brentford lewat gol tunggal Ethan Pinnock pada menit ke-85.  *

Komentar