nusabali

Badung Hibahkan Pasar Seni Kuta dalam Waktu Dekat

  • www.nusabali.com-badung-hibahkan-pasar-seni-kuta-dalam-waktu-dekat

MANGUPURA, NusaBali - Pasar Seni Kuta yang berada di sebelah Pura Segara Desa Adat Kuta, Kecamatan Kuta, dalam waktu dekat akan dihibahkan oleh Pemkab Badung kepada desa adat setempat. Hal ini disampaikan langsung Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Badung Ida Ayu Istri Yanti Agustini.

“Proses mendapatkan hibah tersebut, desa adat harus mengajukan permohonan. Kerja sama pun seperti itu, harus dilakukan permohonan. Sampai saat ini baru Desa Adat Kuta yang melakukan permohonan,” ujar Dayu Yanti, Selasa (9/5). 

Menurut dia, pemberian hibah ini akan dibarengi dengan bangunan lainnya yang telah diajukan seperti Pura Melanting, Tugu Karang dan Indra Belaka, parkir Pasar Seni Kuta, Pura Kayu Santen, tembok penyengker Setra Asem Celagi/Setra Kauh, Bale Gong Pura Dalem Cedok Waru, serta Bale Pesanekan dan Perantenan Pura Dalem Cedok Waru. Termasuk gerobak kreatif yang disiapkan untuk pedagang pantai juga akan dihibahkan. “Itu memang sebenarnya berdiri di atas lahan desa adat, dan pembangunan itu setelah kita bahas kemarin akan kita hibahkan,” ucap Dayu Yanti.

Lanjut dikatakan, beberapa bangunan lainnya hasil penataan Pantai Seminyak, Legian, dan Kuta (Samigita) yang berada di atas lahan desa adat pun bakal dihibahkan. Sedangkan yang tidak berdiri di atas lahan milik desa adat akan dikerjasamakan dengan pihak desa adat. “Yang berdiri di tanah pantai, tanah itu kan sudah dicatatkan sebagai aset Pemda. Ada tsunami shelter, art shop, ruko untuk kuliner dan lain sebagainya, itu nanti kita lakukan kerjasama bersama desa adat,” sebutnya. 

Sementara untuk skate park yang berada di Pantai Kuta, kata Dayu Yanti, akan dikelola Pemkab Badung, sehingga tidak ada retribusi yang akan dipungut untuk menggunakan fasilitas tersebut. “Termasuk toilet juga nanti kita yang akan kelola,” kata Dayu Yanti.

“Untuk pengelolaannya Bapak Sekda akan membentuk Pokja (kelompok kerja) di bawah Dinas PUPR. Nanti kita akan bentuk tenaga outsourcing, baik pengawas pantai, toilet, taman, dan kebersihannya,” imbuhnya. 7 ind

Komentar