nusabali

Raih Gelar Jegeg dan Bagus Klungkung 2023, Dwipa dan Januarta Semangat Promosikan Pariwisata Klungkung

  • www.nusabali.com-raih-gelar-jegeg-dan-bagus-klungkung-2023-dwipa-dan-januarta-semangat-promosikan-pariwisata-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali.com - Ni Kadek Dwipa Karuni Putri (SMAN 1 Banjarangkan) dan Kadek Januarta (Mediterranean Bali), berhak menyandang gelar Jegeg Bagus Klungkung 2023 dalam babak grand final yang digelar Jumat (26/4/2023). Gelar ini sekaligus membuat mereka menjadi Duta Pariwisata Kabupaten Klungkung.

Sebagai Jegeg Bagus  2023 , Dwipa dan Januarta pun berhak menjadi perwakilan delegasi Klungkung ke ajang Jegeg Bagus Bali tahun 2023 mendatang. 

Meski belum mengetahui kapan waktu pastinya, namun Dwipa dan Januarta mengatakan akan mulai bersiap sebelum waktunya tiba.

“Kami akan membuat program kerja dan kami sebagai pionir akan memberikan edukasi kepada generasi muda,” terang Dwipa.

Sementara, Januarta menambahkan mereka juga menjadi promotor di Jegeg Bagus Klungkung dan akan bersiap menjadi perwakilan Kabupaten Klungkung ke ajang Jegeg Bagus Bali serta nantinya akan berupaya menampilkan keunikan yang dimiliki oleh di Kabupaten Klungkung.

Ditanya soal advokasi yang mereka jalankan, Januata menuturkan pihaknya akan membantu membangun sektor pariwisata khusus seni dan budaya khas Kabupaten Klungkung. Ia juga menerangkan pihaknya tidak bisa melangkah sendiri, namun juga akan berkolaborasi dengan dinas-dinas terkait.

Selama proses pemilihan Jegeg Bagus Klungkung, Januarta mengatakan ia mendapatakan berbagai pembelajaran dan pengetahuan baru soal kepariwisataan. 

Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan dirinya senang bisa memilii keluarga baru dari latar belakang yang berbeda-beda. Namun yang terpenting, lanjut dia adalah bagaimana dirinya bisa menunjukan versi terbaik di dalam dirinya sendiri.

Sedangkan Dwipa, ia merasa tak cukup mudah untuk dirinya bisa melalui proses pemilihan tersebut. Dwipa menerangkan banyak tantangan dan cobaan yang ia harus lalui. 

Namun berkat optimisme dan kerja kerasnya, sehingga ia mampu melewati fase terberat itu.

“Berkat Tuhan saya bisa berada di titik ini, di posisi ini. Astungakara saya berterima kasih sebanyak-banyaknya dan saya akan berkontribusi untuk Kabupaten Klungkung,” tutur dara kelahiran 23 Juli 2006 itu.

Membawa amanah yang besar dan akan melaju ke Jegeg Bagus Bali 2023, Dwipa dan Januarta dengan kompak menjawab mereka siap untuk membanggakan Kabupaten Klungkung.

Sehingga dengan waktu yang tersisa, mereka akan segara menyiapkan diri untuk bertarung kembali.

Pada malam grand final Jegeg Bagus Klungkung 2023, Dwipa dan Januarta tampil menawan dan memukau di hadapan para dewan juri. Meski diguyur hujan gerimis, mereka mampu menjawab pertanyaan dewan juri dengan tenang dan lugas.

Alhasil, Dwipa dan Januarta didapuk menjadi Jegeg Bagus Klungkung tahun 2023. Sementara posisi kedua atau Runner Up I Jegeg Bagus Klungkung 2023 diraih oleh Jegeg A.A Istri Ananda Pramesti dari Universitas Warmadewa dan Bagus Gede Pio Aditya dari Poltekkes Kemenkes Denpasar.

Selanjutnya posisi ketiga atau Runner Up II diraih oleh Ni Made Mirah Kariani dari SMA Pariwisata Saraswati dan I Dewa Gede Putra Susila dari SMAN 1 Dawan.

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua Umum Paguyuban Jegeg Bagus Klungkung, I Gede Mahendra Ananda Wiguna berharap kepada finalis yang telah mendapatkan gelar baik itu juara ataupun atribut, ini merupakan awal yang baru untuk mereka.

Tentu, lanjut dia gelar atribut atau penghargaan yang diraih juga harus sejalan dengan tanggung jawab yang telah diberikan.

“Sedangkan untuk finalis yang belum beruntung mendapatkan atribut ataupun juara jangan berkecil hari karena Jegeg Bagus Klungkung selalu membuka peluang untuk belajar berorganisasi. Ataupun boleh mengikuti kembali pemilihan Jegeg Bagus Klungkung di tahun berikutnya,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, sebelum terpilih menjadi Jegeg Bagus Klungkung 2023, Dwipa dan Januarta lebih dulu mengikuti berbagai rangkaian seleksi sejak bulan Maret lalu.

Beragam kegiatan telah mereka lalui dengan manis, di antaranya penampilan bakat, babak penyisihan, pra karantina, karantina, deep interview, hingga penyelenggaraan grand final Pemilihan Jegeg Bagus Klungkung 2023 yang dikurasi mulai dari 5 besar, lanjut 3 besar, kemudian terpilih menjadi seorang Jegeg Bagus Klungkung 2023. *ris

Komentar