nusabali

10 Pasang Finalis Jegeg Bagus Klungkung Terpilih, Kadis Pariwisata: Tak Hanya sebagai Duta Pariwisata

  • www.nusabali.com-10-pasang-finalis-jegeg-bagus-klungkung-terpilih-kadis-pariwisata-tak-hanya-sebagai-duta-pariwisata

SEMARAPURA, NusaBali.com – Sebanyak 10 pasang peserta resmi didapuk menjadi finalis Jegeg Bagus Klungkung 2023 di Ruang Rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung pada Minggu (5/3/2023) sore.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung, Ni Made Sulistiawati mengatakan pemilihan Jegeg Bagus Klungkung bertujuan untuk menyiapkan Duta Pariwisata Klungkung yang juga merupakan salah satu program kerja dari Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung.


Tujuan lainnya, kata dia, sebagai media peningkatan partisipasi para yowana atau pemuda dan pemudi Klungkung  dalam pembangunan kepariwisataan di Klungkung.

Lebih lanjut ia menjelaskan, para finalis tidak hanya bertugas sebagai Duta Pariwisata saja, melainkan mereka juga akan ditugaskan menjadi Duta Entrepreneur sehingga mampu menyosialisasikan dan menularkan kemampuan mereka di bidang kepariwisataan dan entrepreneurship.

“Tentu nanti setelah melalui proses yang sudah ditentukan akan menjadi Duta Pariwisata Kabupaten Klungkung yang nantinya akan menjadi mitra dari pemerintah Kabupaten Klungkung di dalam membangun kepariwisataan. Meliputi pemasaran kepariwisataan dan juga pengenalan objek wisata, serta program pariwisata yang sedang di kembangkan di Kabupaten Klungkung,” terang Sulistiawati saat ditemui pada gelaran seleksi Jegeg Bagus Klungkung di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung pada Minggu (5/3/2023) sore.

Foto: Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung, Ni Made Sulistiawati. -RIKHA SETYA

Selain bertugas di dalam bidang kepariwisataan, kata Sulistiawati tidak menutup kemungkinan para finalis Jegeg Bagus Klungkung dapat bertugas sebagai mitra kerja dari perangkat daerah lainnya. 

Namun, pihaknya akan menggandeng para finalis untuk memasarkan pariwisata di Kabupaten Klungkung dan juga pelibatan di setiap kegiatan.

“Seperti contoh kami ajak untuk melakukan monitoring dan evaluasi di dalam pemungutan retribusi. Kami menggandeng tiga pasang Jegeg Bagus Klungkung 2022 ke Nusa Penida yang juga sekaligus untuk memperkenalkan destinasi di Kabupaten Klungkung,” terangnya.

Ia pun berharap kepada 10 pasang finalis Jegeg Bagus Klungkung yang terpilih agar mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi atau tahapan berikutnya.

“Saya berharap mereka lebih menambah wawasannya di bidang kepariwisataan, mulai mengenali destinasi dan juga pembangunan di Kabupaten Klungkung. Sehingga dengan mereka mulai mengetahui hal tersebut, saya yakin anak-anak muda di Kabupaten Klungkung akan tertarik terhadap perkembangan pariwisata di sini,” ujarnya.

Foto: Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Tjokorda Gde Romy Tanaya. -RIKHA SETYA

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Tjokorda Gde Romy Tanaya menerangkan ada beberapa poin yang perlu ditingkatkan kembali oleh para peserta. 

Sebab, kata dia, selama melakukan pendampingan pada tahap seleksi, para finalis memiliki pengetahuan yang minim soal kepariwisataan dan inovasi yang sudah dilaksanakan oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.

“Kami mengharapkan mereka dapat membuat inovasi atau terobosan tentang kepariwisataan. Karena selaku generasi milenial mereka mampu membuat branding pariwisata Klungkung menjadi lebih baik. Sehingga nantinya wisatawan akan banyak berkunjung ke Kabupaten Klungkung,” harapnya.

Sementara dikonfirmasi secara terpisah, Ketua Umum Paguyuban Jegeg Bagus Klungkung, I Gede Mahendra Ananda Wiguna menjelaskan pelaksanaan Grand Final Jegeg Bagus Klungkung akan diadakan di panggung terbuka tepat di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe Klungkung pada Jumat (28/4/2023) mendatang.

“Nantinya kami akan mencari juara Jegeg Bagus Klungkung 2023, Runner Up I dan Runner Up II. Serta adapula gelar Jegeg Bagus atribut yang masih kami rancang, sebagai apresiasi untuk para finalis yang sudah melakukan performa maksimal di pemilihan tahun ini,” bebernya.

Mahendra pun menegaskan, para finalis agar tidak semata-mata mengejar juara, melainkan sebagai sarana menambah wawasan dan pengalaman. 

Ia meminta peserta yang lolos 10 besar untuk mempersiapkan diri dengan maksimal saat acara Grand Final.

“Harapan saya mereka dapat lebih mengasah dan menggali potensi yang dimiliki. Tentu dengan menambah wawasan, mental, dan juga sikap mereka untuk bisa tampil yang terbaik dengan versi mereka sendiri di Grand Final nanti. Siapa pun yang menjadi Jegeg dan Bagus Klungkung 2023 tentunya harus memberikan yang maksimal lagi untuk mewakili Klungkung di pemilihan Jegeg Bagus Provinsi Bali,” pungkasnya. *ris









Komentar