nusabali

Menyambut Kembalinya Kejayaan Tabanan, Lahir Jegeg Bagus Tabanan 2023

  • www.nusabali.com-menyambut-kembalinya-kejayaan-tabanan-lahir-jegeg-bagus-tabanan-2023

TABANAN, NusaBali.com - Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan sukses melaksanakan kegiatan Pemilihan Jegeg Bagus Tabanan 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam rangka mencari dan melanjutkan tongkat estafet sebagai Duta Pariwisata Kabupaten Tabanan.

Mengusung tema ‘Lilacita Walining Singasana,’ Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan menghadirkan rasa suka cita dalam menyambut kembali masa Kejayaan Tabanan. “Tema ini dikonsepkan untuk menunjukan rasa suka cita dalam menyambut perjalanan baru dan Kejayaan Tabanan, yang dalam hal ini ialah berakhirnya masa pandemi dan bersiap dalam melanjutkan tatanan kehidupan masyarakat,” ujar I Komang Sukra Dinata selaku Ketua Panitia Pemilihan Jegeg Bagus Tabanan 2023, Minggu (16/7/2023).

Acara ini dibuka oleh Bupati Tabanan yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan, AA Gede Dalem Trisna Ngurah, yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan. 

“Saya ingin mengajak seluruh generasi muda dan masyarakat Tabanan menyatukan tekad dan langkah secara aktif dalam membangun Tabanan sesuai dengan visi Pemerintah Kabupaten Tabanan,” ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan dalam sambutannya. 

Acara ini dibuka secara resmi dengan penancapan kayonan yang bermakna lembaran cerita kehidupan yang baru akan segera dimulai dan bersama Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan bersiap dalam menyambut kembalinya kejayaan Tabanan dengan semangat yang tak terputus.


Kesepuluh pasang Finalis Jegeg Bagus Tabanan menampilkan tarian pembukaan yang sangat apik dengan menceritakan suasana pembangunan Kabupaten Tabanan Era Baru yang dapat direalisasikan bersama seluruh leading sector. 

Tidak hanya itu, seluruh finalis juga melakukan promosi potensi wisata yang ada di seluruh Kecamatan di Kabupaten Tabanan yang dikemas dalam bentuk bebanyolan. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan pemberian penghargaan kepada dewan pembina yang telah membimbing Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan menjadi lebih baik yang dikemas dalam pemberian Lifetime Achievement.

Begitu banyak inovasi yang direalisasikan antara Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Tidak hanya kegiatan seleksi awal, prakarantina, karantina, dan deep interview saja, melainkan pada tahun ini, rangkaian pemilihan ini juga diselipkan dengan kegiatan Preliminary Night dengan agenda fashion show, penugasan kepada seluruh finalis, melaksanakan FGD, dan outbound bersama Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan. 

Seluruh rangkaian kegiatan ini juga dinilai oleh dewan juri yang kompeten di bidangnya. “Penilaian pemilihan Jegeg Bagus Tabanan 2023 tidak hanya dinilai saat malam final saja, melainkan seluruh penilaian dilakukan pada setiap kesempatan,” tambah I Komang Sukra Dinata selaku Ketua Panitia Pemilihan Jegeg Bagus Tabanan 2023. 

Melewati rangkaian proses ini, terpilihlah Ni Putu Kartika Stithapradnya (17) dan Kadek Anggi Putra Sastrawan (18) sebagai Winner of Jegeg Bagus Tabanan 2023. 


Selanjutnya, Ni Luh Putu Irma Kusumayanti (20) dan I Gusti Agung Nanda Maha Pradiptha (20) sebagai Runner Up I Jegeg Bagus Tabanan 2023, serta Ni Made Merien Sasmitha (21) dan I Wayan Wirya Kusuma (20) sebagai Runner Up II Jegeg Bagus Tabanan 2023.

Penobatan Jegeg Bagus Tabanan sebagai Duta Pariwisata Kabupaten Tabanan juga dilaksanakan dengan konsep baru nan sakral. Top 3 Jegeg Bagus Tabanan 2022 menyerahkan kayonan yang telah ditancapkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan yang kemudian dicabut oleh pemenang Jegeg Bagus Tabanan 2023. 

Prosesi ini menyiratkan keberlanjutan semangat Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan 2023 dalam rangka memasuki babak baru kejayaan Tabanan dengan rasa suka cita dan semangat membara.

Seluruh rangkaian kegiatan Pemilihan Jegeg Bagus Tabanan tidak dapat berjalan sukses tanpa adanya pihak-pihak yang telah mendukung penuh kegiatan ini. 

"Terima kasih kepada jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan yang sebagai leading sector pemilihan Jegeg Bagus Tabanan 2023 dan para dewan pembina, alumni Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan, serta seluruh panitia pemilihan yang telah mampu mengadakan pemilihan Jegeg Bagus Tabanan 2023 dengan tema Lilacita Walining Singasana dengan begitu apik,” tutup I Gede Sukarya SM selaku Ketua Umum Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan.

Komentar