nusabali

Iran Wakil Asia Pertama Lolos Piala Dunia 2022

  • www.nusabali.com-iran-wakil-asia-pertama-lolos-piala-dunia-2022

DUBAI, NusaBali
Tim nasional Iran menjadi wakil Asia pertama yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar, usai menang 1-0 atas Irak dalam lanjutan putaran ketiga kualifikasi zona Asia, di Stadion Azadi, Teheran, Jumat (28/1) dinihari WITA.

Dengan kemenangan itu, Iran meraih 19 poin dari tujuh laga yang dan bertengger di puncak klasemen sementara Grup A. Iran memastikan finis di dua teratas klasemen akhir Grup A karena unggul 10 poin atas Uni Emirat Arab di posisi ketiga. Sedangkan kualifikasi putaran ketiga menyisakan tiga rangkaian pertandingan.

Kemenangan Iran atas Irak disokong gol semata wayang yang dicetak oleh Mehdi Taremi, saat penyerang FC Porto itu menyelesaikan umpan Alireza Jahanbakhsh pada menit ke-48.

Dengan kelolosan kali ini, Iran untuk pertama kalinya tampil di putaran final Piala Dunia dalam tiga edisi beruntun. Namun Iran selalu gagal menembus fase gugur, mengingat senantiasa terhenti di fase penyisihan grup dalam empat penampilan terakhir.

Pada dua pertandingan lain di Grup A, Korea Selatan menaklukkan Lebanon 1-0 dan UEA membekuk Suriah 2-0. Korsel yang di posisi kedua dengan 17 poin kini hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan lolos ke Qatar bersama Iran.

Di Grup B, persaingan masih berlangsung ketat antara Arab Saudi, Jepang dan Australia mengingat ketiganya sama-sama meraih kemenangan dalam pertandingan ketujuh.

Arab Saudi memimpin di puncak dengan 19 poin selepas menang tipis 1-0 atas Oman. Jepang membayangi di posisi kedua dengan 15 poin seusai membungkam China 2-0 di Saitama. Lalu Australia di urutan ketiga dengan 14 poin setelah melumat Vietnam 4-0 di Melbourne. *ant

Komentar