nusabali

4.160 Pelaku UMKM Terima Bantuan Stimulus Tahap Dua

  • www.nusabali.com-4160-pelaku-umkm-terima-bantuan-stimulus-tahap-dua

MANGUPURA, NusaBali
Setelah melalui proses cleansing data secara detail, akhirnya sebanyak 4.160 pelaku UMKM dipastikan akan menerima bantuan stimulus tahap dua.

Penyerahan stimulus UMKM senilai Rp 2 juta yang bersumber dari APBD Badung ini akan diserahkan Sabtu (18/12) hari ini dan Minggu (19/12) besok.

Kepala Dinas Perdagangan UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana, menjelaskan sebelum diserahkan, pihaknya telah melakukan cleansing data bersama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Badung serta pihak-pihak terkait. Setelah cleansing data, sebanyak 4.160 pelaku UMKM lolos sebagai penerima.

“Data harus benar-benar valid, sehingga tidak terjadi tumpang tindih untuk menghindari adanya double penerima bantuan. Untuk cleansing data ini astungkara tidak ada kendala,” kata Widiana, Jumat (17/12).

Dikatakan lebih lanjut, penerima yang lolos akan mendapatkan bantuan tersebut hari ini untuk wilayah Badung Selatan dan besok untuk Badung Utara. Bantuan akan diserahkan langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. “Untuk besok (hari ini) bantuan akan disalurkan di wilayah Kuta Utara, Kuta, dan Kuta Selatan. Sedangkan Minggu (besok) untuk wilayah Mengwi, Abiansemal, dan Petang,” rinci mantan Camat Kuta Selatan itu.

Widiana berharap bantuan tahap dua kepada pelaku UMKM di Badung, bisa menjadi gairah perputaran perekonomian di tengah pandemi yang belum pasti akan berakhir. Pun dalam pemanfaatannya diharapkan bisa dipergunakan dengan baik dan bijak, sehingga perputaran perekonomian di Badung makin hidup.

Sekadar informasi, sebelumnya Pemkab Badung telah menyalurkan bantuan UMKM tahap pertama pada 6-7 November 2021. Tercatat sebanyak 9.362 pelaku UMKM telah menerima bantuan stimulus tahap pertama dengan nominal bantuan sebesar Rp 2 juta.

Widiana menambahkan, penyaluran bantuan stimulus untuk tahap pertama semuanya sudah tuntas, sehingga bisa dilanjutkan untuk penyaluran tahap dua. “Penyaluran stimulus UMKM tahap pertama sudah tuntas, meski sebelumnya sempat ada dua desa yang tercecer, seperti Kutuh dan Munggu. Tapi semu sudah dapat diselesaikan. Dari kedua desa tersebut ada sebanyak 532 UMKM yang menerima bantuan stimulus,” kata Widiana.

Sementara, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, sebelumnya mengatakan bantuan stimulus kepada pelaku UMKM ini menjadi salah satu pemantik dalam keberlangsungan kehidupan dan perputaran ekonomi di masyarakat. Besar harapan pemberian stimulus UMKM ini dapat menghidupkan perekonomian untuk membangun Badung yang kuat dalam menyejahterakan masyarakat. “Untuk penyaluran bantuan ini akan diserahkan secara langsung oleh Bapak Bupati Badung,” tegasnya.

“Semoga bantuan kepada pelaku UMKM ini dapat dipergunakan dengan baik dan bijak pemanfaatannya, sehingga bisa menjaga keberlangsungan hidup dan perputaran perekonomian di masyarakat Badung,” harap Adi Arnawa. *ind

Komentar