nusabali

Ribuan Bibit Pohon Ditanam di Hutan Sepang

  • www.nusabali.com-ribuan-bibit-pohon-ditanam-di-hutan-sepang

SINGARAJA, NusaBali
Ribuan bibit pohon ditanam di kawasan hutan Lindung Pemelasan, Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu, Buleleng, Jumat (26/11) pagi.

Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan jajaran Polsek Busungbiu bersama Lembaga Pengelola Hutan Desa Sepang Wana Lestari (LPHD). Penanaman pohon juga diikuti perwakilan dari beberapa instansi. Di antaranya, Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Bali Utara, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Koramil 1609-07/Busungbiu, Camat Busungbiu, Ketut Suastika, Perbekel Desa Sepang, I Putu Agung Mahardika, serta warga Desa Busungbiu.

Kapolsek Busungbiu AKP Nyoman Adika mengatakan, pengelolaan hutan untuk di wilayah Desa Sepang diberikan tanggung jawab keapda LPHD Sepang Wana Lestari dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui program Perhutanan Sosial. Kewajiban yang diberikan kepafada LPHD Sepang Wana Lestari adalah menanam pohon atau reboisasi agroforestri.

Hal ini agar tercapai optimalisasi pemanfaatan lahan dengan sistem kombinasi tanaman berkayu, buah-buahan atau tanaman semusim sehingga terbentuk interaksi ekologis dan ekonomi di antara komponen penyusunannya.

Jenis bibit pohon yang ditanam adalah jenis kayu Gaharu 500 pohon, kayu Cendana 500 pohon, kayu Majegau 700 pohon, Jambu Merah sebanyak 200 pohon, Sawo Kecil 500 pohon, dan Sirsak 300 pohon.

AKP Nyoman Adika menyampaikan, kegiatan penanaman pohon ditujukan untuk menghijaukan hutan desa sehingga dapat  dapat berfungsi untuk menahan air hujan dan menyimpannya. Di isamping itu juga hutan akan dapat menjaga fungsi ekologis serta penyerapan karbon, bahkan menjadi paru-paru kehidupan di Desa Sepang.

"Kalau seluruh masyarakat sadar akan fungsi hutan, maka kegaitan penanaman pohon wajib dilakukan karena sangat berguna baik untuk lingkungan serta masa depan Bumi ini agar tetap lestari," ujar AKP Adika. *mz

Komentar