nusabali

Satgas Kecamatan Negara Sidak Prokes Sambil Bagi Masker

  • www.nusabali.com-satgas-kecamatan-negara-sidak-prokes-sambil-bagi-masker

NEGARA, NusaBali
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kecamatan Negara, Jembrana, melaksanakan sidak penggunaan masker dan vaksinasi di Pasar Adat Lelateng, Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara, Rabu (28/7) pagi.

Dalam sidak bersama Satgas Gotong Royong Kelurahan Lelateng, ini petugas juga membagikan masker gratis kepada pedagang dan pengunjung di pasar setempat.

Sidak yang dipimpin Camat Negara I Wayan Andy Suka Anjasmara bersama Kapolsek Negara AKP I Gusti Made Sudarma Putra ini dilaksanakan sekitar pukul 07.00 hingga 08.00 Wita. Paling tidak ada sekitar 200 masker yang dibagikan kepada pengunjung ataupun pedagang setempat. Sejumlah pengunjung ataupun pedagang yang ditemukan memakai masker dengan tidak benar, langsung ditegur. Setelah memakai masker dengan benar dan berjanji akan tertib memakai masker dengan benar, juga diberikan masker.

Selain mengecek penggunaan masker, satu per satu pedagang yang diberikan masker, juga ditanyakan apakah sudah divaksin Covid-19 dan diminta menunjukkan surat keterangan (suket) atau kartu vaksin. Dari beberapa pedagang tersebut, ada yang mengaku tidak berani mengikuti vaksinasi karena memiliki penyakit. Mendengar alasan tersebut, petugas meminta kepada pedagang yang bersangkutan untuk datang ke layanan vaksinasi terdekat. Juga dijelaskan ketika memang tidak bisa divaksin, yang bersangkutan akan diberikan surat keterangan (suket) tidak lolos screening kesehatan.  

Camat Andy mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar pedagang dan pembeli di pasar, selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) dalam upaya menekan penyebaran Covid-19. Khususnya mengingatkan agar selalu memakai masker dengan benar, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak. “Tujuan sidak ini adalah untuk melakukan sosialisasi kepada pengunjung dan pedagang di Pasar Lateng untuk tetap melakukan prokes. Salah satunya menggunakan masker dengan benar. Dan juga berkaitan dengan vaksinnya,” ujarnya.

Camat Andy didampingi AKP Gusti Sudarma menjelaskan, di Pasar Adat Lelateng ini juga dibangun Posko PPKM Level 4. Petugas dari pihak Satgas Gotong Royong yang berjaga di posko pasar setempat, akan mengawasi penerapan prokes. Termasuk tidak memperbolehkan pengunjung maupun pedagang yang tidak memakai masker ataupun yang belum divaksin untuk masuk ke dalam pasar. “Jadi yang belum divaksin, kita minta segera ikuti vaksinasi. Karena vaksinasi ini sangat penting untuk membentuk kekebalan kelompok,” ucapnya. 7 ode

Komentar