nusabali

Momen Ajaib Dinamark

Denmark Singkirkan Republik Ceko 2-1

  • www.nusabali.com-momen-ajaib-dinamark

Ini ajaib. Hal utama yang saya tunjukkan pada para pemain saat kami pertama berjumpa adalah foto Wembley dari saat kami di sana di musim gugur. Saya bilang bahwa kami akan kembali ke sana.

BAKU, NusaBali

Denmark melaju ke semifinal. Tim Dinamit itu pun menyebutnya sebagai momen yang ajaib. Ya, kini 'Dinamark' siap meledak dan mengulangi prestai Euro 1982, usai melumpuhkan Republik Ceko 2-1 dalam perempatfinal Euro 2020, di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan, yang berakhit Minggu (4/7) dinihari Wita.

Semua gol tim asuhan Kasper Hjulmand tercipta di babak pertama lewat Thomas Delaney pada menit kelima dan Kasper Dolberg di menit ke-42. Ceko memperkecil ketertinggalan pada menit ke-49 lewat Patrik Schick.

Pelatih Hjulmand menyebut apa yang dilalui Denmark sebagai keajaiban, usai melalu banyak momen naik turun di Euro 2020. Betapa tidak, Pada laga pertama, Denmark menghadapi kolapsnya salah satu pemain utamanya, Christian Eriksen. Dia mengalami henti jantung saat lawan Finlandia. Denmark pun akhirnya kalah 0-1.

Denmark kembali kalah di laga kedua dari Belgia 1-2. Kelolosan Denmark ditentukan pada laga terakhir grup usai menang 1-4 dari Rusia. Mereka lolos ke 16 besar dengan status runner-up Grup B.

"Ini ajaib. Hal utama yang saya tunjukkan pada para pemain saat kami pertama berjumpa adalah foto Wembley dari saat kami di sana di musim gugur. Saya bilang bahwa kami akan kembali ke sana. Itu terasa kami bermain di stadion di Denmark, karena dukungan dari para suporter kami. Kami sangat berterima kasih," kata Hjulmand di situs UEFA

Hjulmand pun menyebutkan Eriksen menjadi bensin tambahan Timnas Denmark. Hjulmand mengakui itu, dia juga selalu memikirkan Eriksen selama Denmark berlaga di Euro 2020. Dia bahkan merasakan itu. Dia mengaku masih memikirkan Christian di setiap hari. Dia seharusnya ada bersama tim Denmark.

"Seluruh dunia sepakbola memahami detik itu, dan hari-hari setelahnya, hal-hal yang mendasar dalam hidup dan sepakbola, nilai-nilai yang mendasar dari sepakbola muncul di momen yang tepat," kata Hjulmand di BBC.

Kapten tim Simon Kjaer mengakui dia dan rekan-rekannya sejak awal menargetkan mencapai Wembley, lokasi semifinal dan final Euro 2020. Target itu tercapai setelah Denmark menundukkan Republik Ceko 2-1.

"Kami punya target sebelum turnamen, yakni memesan satu tempat di Wembley," kata Kjaer selepas laga dilansir laman resmi UEFA.

"Saya berbohong jika bilang kami cukup puas dengan semifinal saja. Kami harus memulihkan diri dan bersiap main lagi dalam empat hari," ujar Kjaer.

Kendati banyak tertekan di babak kedua, Kjaer mengakui menikmati situasi itu dan cukup percaya diri dia bersama rekan-rekannya menjaga keunggulan. Dia pun bertekad tim harus berjuang keras dan memang seharusnya tampil lebih baik lagi.

Pencapaian semifinal Denmark melanjutkan dongeng mereka yang emosional setelah kehilangan Christian Eriksen akibat insiden traumatik kolaps di atas lapangan dalam laga pembuka grup kontra Finlandia. *ant

Komentar