nusabali

Dinamit Denmark Meledak, Hancurkan Wales 4-0

Denmark Tim Pertama Lolos Babak 8 Besar Euro 2020

  • www.nusabali.com-dinamit-denmark-meledak-hancurkan-wales-4-0

AMSTERDAM, NusaBali.com – Dongeng Denmark di Euro 2020 berlanjut. Tim yang lolos babak 16 besar di saat-saat akhir ini kembali melaju ke babak perempatfinal setelah menggulung Wales 4-0, di Stadion Johan Cruijff Arena Amsterdam, Minggu (27/6/2021) dini hari Wita.

Dua gol kemenangan Denmark dilesakkan lewat tendangan spektakuler Kasper Dolberg pada menit ke-27 yang dia gandakan pada menit ke-48. Joakim Maehle dan Martin Braithwaite menambah gol di menit 88 dan 90+4.

Sejak kickoff kedua tim menampilkan permainan terbuka yang menarik untuk disaksikan dengan Wales lebih dulu mengambil inisiatif menyerang.  Wales berstatus runner up Grup A, sedangkan Denmark posisi kedua Grup B.

Pada menit 27 sebuah gol tercipta dari kerjasama rapi yang dirancang dari sayap ketika bek kiri Joakim Maehle meneruskan bola kepada Mikkel Damsgaard yang kemudian dikirimkan kepada mantan pemain Ajax Amsterdam Kasper Dolberg.

Dari luar kotak penalti dan menghadapi blokade bek Wales, Dolberg melepaskan tendangan keras yang meluncur lurus ke arah kanan gawang Wales yang tak bisa dihalau kiper Danny Ward.

Dolberg kemudian menggandakan kedudukan pada tiga menit babak kedua setelah didahului kemelut di muka gawang Wales.

Sebelum kedudukan 1-0 tercipta, Wales bermain menekan dan beberapa kali merepotkan lini pertahanan Denmark.

Tapi Dolberg juga yang mengawali rangkaian peluang yang tercipta dalam laga ini pada menit ke-8. Dua menit kemudian giliran Bale yang melenceng dari gawang. Untuk kedua kalinya pada menit ke-12 Bale menciptakan peluang yang lagi-lagi melebar dari gawang Denmark.

Setelah bek tengah Jannik Vestergaard melewatkan peluang bagus ketika sundulannya yang meneruskan kiriman bola dari sepak pojok terbang di atas gawang Denmark akhirnya menjadi pihak yang lebih dulu menciptakan gol dari Dolberg.

Selebrasi gol sempat terganggu karena wasit mesti meninjau VAR untuk melihat potensi offside sebelum gol itu terjadi.

Setelah gol ini, Denmark makin mengintensifkan serangannya, namun Wales juga beberapa kali memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan.

Denmark semakin meledak dan menambah keunggulan menjadi 3-0 di menit ke-88. Bermula dari serangan balik di sisi kiri, Mathias Jansen mengirim umpan ke sisi kanan di mana Joakim Maehle berdiri tanpa penjagaan. Setelah mengecoh bek Wales, Maehle melepaskan tendangan keras ke sudut atas kiri.

Tak lama berselang, Wales semakin terpuruk setelah Harry Wilson mendapat kartu merah akibat ganjalan kerasnya. Kondisi pincang Wales semakin membuat Denmark meningkatkan serangan hingga di masa injury time, Martin Braithwaite mencetak gol keempat Denmark.

Gol di menit 94 ini terjadi  setelah Braithwaite menerima umpan dari Andreas Cornelius . Gol ini sempat dianulir karena bomber Barcelona itu dianggap offside. Namun VAR mengkonfirmasi gol itu sah. Skor 4-0 ini menjadi hasil akhir.

Di babak perempat final, Denmark akan menghadapi pemenang laga babak 16 besar lainnya yang mempertemukan Belanda dan Republik Ceko. Laga babak delapan besar ini akan berlangsung di Baku, Azerbaijan, 3 Juli mendatang. *ant

Komentar