nusabali

Rusia Tekuk Finlandia, Persaingan Grup B Ketat

  • www.nusabali.com-rusia-tekuk-finlandia-persaingan-grup-b-ketat

ST. PETERSBURG, NusaBali
Persaingan memperebutkan tiket babak 16 besar dari Grup B di Piala Eropa 2020 semakin ketat, setalah Rusia berhasil mengalahkan Finlandia 1-0 pada matchday kedua, di Saint Petersburg Arena, Rabu (16/6) malam.

Hasil itu membuat tiga negara mengantongi tiga angka. Yakni Belgia, Finlandia, dan Rusia. Sebelumnya, Belgia mengalahkan Rusia 3-0 pada partai pembuka, dan Finlandia secara mengejutkan menekuk tuan rumah Denmark 1-0.

Belgia sendiri akan menghadapi Denmark di Kopenhagen Jumat (18/6) dinihari WITA. Kemenangan di pertandingan ini akan menjadi tiket babak 16 bagi Setan Merah, julukan Belgia. Namun itu dipastikan tidak mudah. Pasalnya, Denmark juga butuh poin dan akan tampil habis-habisan di depan pendukungnya.

Pada laga lawan Rusia, Finlandia yang berusaha mengunci tiket fase knockout sempat mencetak gol di menit ke-4 melalui Joel Pohjanpalo. Namun, gol tersebut dianulir karena sang bomber dalam posisi offside.

Rusia kemudian memimpin di menit ke-45+2. Gol dilesakkan pemain Atalanta, Aleksey Miranchuk melalui tendangan kaki kiri melengkung setelah mendapat umpan dari kapten, Artem Dzyuba di dalam kotak penalti.

Pertandingan Finlandia kontra Rusia berlangsung menarik sejak menit-menit awal. Usai 'gol batal' Pohjanpalo Rusia langsung balik menggebrak. Pada menit ke-10, Rusia mendapat peluang melalui Magomed Ozdoev. Namun, sontekannya dari dalam kotak penalti gagal membobol gawang Finlandia.  

Rusia dan Finlandia kemudian saling jual beli serangan. Namun, tidak ada yang mampu memecah kebuntuan. Gol yang ditunggu-tunggu baru lahir pada injury time babak pertama. Aleksei Miranchuk berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Dia menjebol gawang Finlandia yang dikawal Lukas Hradecky dengan melepaskan tendangan kaki kiri ke tiang jauh. Skor 1-0 untuk Rusia pada akhir babak pertama.  Babak kedua berlangsung dalam tempo tinggi. Finlandia terus berusaha melancarkan serangan untuk menyamakan skor dan membuka peluang menang demi meraih tiket ke babak berikutnya.

Namun, Timnas Rusia juga tinggal diam. Mereka terus berusaha mempertahankan kemenangan. Pada menit ke-72 Rusia nyaris menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Dzyuba mengontrol bola di dalam kotak penalti lalu melepaskan tembakan melengkung, namun Hradecky mampu mematahkan peluang tersebut.

Hingga pertandingan berakhir, tak ada lagi gol yang tercipta. Timnas Rusia berhasil menggeser Finlandia di peringkat kedua dengan raihan tiga poin. Mereka unggul head to head atas Finlandia meski poin keduanya sama. *

Komentar