nusabali

Buntut Invasi ke Ukraina, Rusia Dihujani Sanksi FIFA

  • www.nusabali.com-buntut-invasi-ke-ukraina-rusia-dihujani-sanksi-fifa

ZURICH, NusaBali
Badan sepakbola dunia (FIFA) menyatakan pertandingan internasional tidak akan dimainkan di Rusia dan bendera serta lagu kebangsaan negara itu dilarang dari setiap pertandingan sepakbola.

Disebutkan juga tim nasional tidak akan berkompetisi menyandang nama Rusia tapi Uni Sepak Bola Rusia (RFU) sebagai gantinya.

Setiap pertandingan "kandang" Rusia akan digelar tanpa penonton di "wilayah netral" sebagai bagian sanksi yang dijatuhkan FIFA menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

"Pertama dan terpenting, FIFA ingin menegaskan kembali kecamannya atas penggunaan kekuatan bersenjatan oleh Rusia dalam invasinya ke Ukraina," demikian pernyataan resmi FIFA.

FIFA juga mendesak segera terciptanya perdamaian dan dialog konstruktif sambil tetap berkomunikasi dengan asosiasi sepakbola Ukraina dan komunitas di negeri itu yang telah meminta dukungan untuk meninggalkan wilayahnya selama konflik berlangsung.

FIFA akan melanjutkan dialog dengan IOC, UEFA, dan organisasi olahraga lainnya untuk menentukan tindakan atau sanksi tambahan, termasuk kemungkinan pengecualian dari kompetisi, yang akan diterapkan dalam waktu dekat jika situasi membaik dengan cepat.

Namun FIFA belum menjatuhkan larangan bermain di Kualifikasi Piala Dunia bagi Rusia. Saat ini FIFA masih berdialog dengan sejumlah asosiasi sepakbola seperti dari Inggris, Polandia, Ceko serta Swedia, yang telah menolak bermain bersama Rusia.

Sementara itu, pemilik Chelsea Roman Abramovich memberikan wali kepengurusan yayasan klub Liga Inggris itu, setelah Inggris menyeru agar dia dikenai sanksi atas invasi Rusia ke Ukraina.

Abramovich yang membeli klub London itu pada 2003, mengatakan yayasan itu dalam "posisi terbaik untuk menjaga kepentingan" klub tersebut.

Abramovich tetap menjadi pemilik Chelsea dan pernyataan itu tidak mengungkapkan mengapa dia memberikan kepengurusan yayasan atau detail tentang bagaimana pengaturan itu bekerja.

Sejumlah individu dan entitas Rusia telah dikenai sanksi Perdana Menteri Inggris Boris Johnson setelah Moskow menginvasi Ukraina melalui darat, udara dan laut pekan ini. Abramovich belum menghadapi sanksi apa pun tetapi sejumlah anggota parlemen oposisi Inggris mengatakan Kamis bahwa dia harus dimasukkan dalam daftar sanksi. *ant

Komentar