nusabali

Belgia Menang, Lukaku Pun Menangis

  • www.nusabali.com-belgia-menang-lukaku-pun-menangis

ST PETERBURG, NusaBali
Belgia sukses mengawali kiprahnnya di Euro 2020 dengan gemilang. De Rode Duivels sukses mengalahkan tuan rumah Rusia 3-0 dalam laga Grup B di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Minggu (13/6) dinihari WITA.

Dua dari tiga gol kemenangan Belgia itu diborong Romelu Lukaku, dan satu gol lainnya dicetak Thomas Meunier. Berkat dua golnya itu, Lukaku ditahbiskan sebagai pemain terbaik dengan tajuk Star of the March pada laga Euro 2020 ini. Lukaku melanjutkan tren kesuburannya dengan torehan 20 gol dalam 15 laga terakhir untuk Belgia.

Usai laga, Lukaku mengaku fokusnya terbelah antara pertandingan kontra Rusia dengan kabar rekan setimnya di Inter Milan, Christian Eriksen sempat kolaps pada laga Denmark vs Finlandia.

Belgia yang juga tim nomor satu peringkat FIFA ini, membuktikan statusnya sebagai unggulan turnamen lewat penampilan dominan sejak start hingga peluit akhir. Lukaku pun menyebutkan dirinya sempat menangis sejadi-jadinya saat mendengar kabar soal Eriksen. Padahal Lukaku merasa menikmati permainan. Namun baginya, sulit untuk bermain karena pikiran bersama rekan setimnya di Inter Milan itu.

"Saya harap dia sehat dan saya mendedikasikan penampilan ini untuknya. Tentu saja saya menangis karena saya takut (saat mendapat info Christian Eriksen kolaps). Saya menjalani banyak momen bersamanya. Saya menghabiskan lebih banyak waktu dengannya daripada dengan keluarga saya. Pikiran saya bersama dia, pacarnya, dua anaknya, dan keluarganya," kata Lukaku.

Pelatih Roberto Martinez menurunkan formasi agresif 3-4-3, Belgia memainkan semua pemain terbaiknya, dengan Eden Hazard menjadi cadangan. Belgia pun tk butuh waktu lama mencetak gol pertama. Pada menit ke-10, Lukaku merobek gawang Rusia, setelah Andrey Semenov gagal menghalau umpan silang. Bola jatuh ke kaki Lukaku dan dia melepaskan tembakan ke gawang Rusia yang dijaga Anton Shunin. Lukaku pun melakukan selebrasi dengan mempersembahkan golnya untuk Christian Eriksen.

Menit ke-27, Timothy Castagne harus ditarik keluar dan digantikan Thomas Meunier. Menariknya tidak berselang lama, Thomas Meunier turut menyumbangkan gol. Tendangan kerasnya sukses membobol gawang Rusia yang kedua kali pada menit ke-34. Babak pertama berakhir 2-0 untuk Belgia.

Babak kedua, Rusia tampil lebih baik. Artem Dzyuba dkk menguasai jalannya bola. Hanya saja mereka kesulitan menembus pertahanan Timnas Belgia. Sebaliknya Belgia berusaha menambah gol. Eden Hazard bahkan diberikan kesempatan bermain menggantikan Dries Mertens menit 72.

Hasilnya menit ke-87, Lukaku mencetak gol kedua. Kali ini Meunier memberikan assist berupa bola mendatar yang membuat Lukaku tinggal berhadapan dengan kiper dan menuntaskan dengan gol. Belgia pun menang 3-0. Selanjutnya Belgia akan menghadapi Denmark di laga kedua Grup B Euro 2020, di Kopenhagen. *ant

Komentar