nusabali

Tabung LPG Meledak, Bangunan Rumah Hancur

Pasutri Penghuni Rumah Terluka Bakar

  • www.nusabali.com-tabung-lpg-meledak-bangunan-rumah-hancur

MANGUPURA, NusaBali
Ledakan keras akibat tabung gas 12 kilogram meledak terjadi di sebuah rumah di Lingkungan Buana Gubung, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Selasa (1/6) pagi pukul 06.30 Wita.

Akibat ledakan tersebut, bangunan rumah dua lantai yang dihuni pasangan suami istri asal Prancis, Hugo, 34, dan Elouise Fiona Michelle Houthocfd, 29, sampai hancur. Pasutri penghuni rumah juga menderita luka bakar.

Belum diketahui pasti apa penyebab ledakan yang merontokkan bangunan rumah ini. Namun, kuat dugaan ledakan terjadi akibat meledaknya tabung gas LPG ukuran 12 kilogram di dapur yang berada di lantai I. Saking kerasnya ledakan, pagar  dan tembok belakang rumah sampai roboh.

Kapolsek Kuta Selatan, Kompol Yusak Agustinus Sooai, mengungkapkan penghuni rumah, Hugo dan Elouise Fiona Michelle, mengalami luka bakar cukup serius akibat. Pasutri bule Prancis tersebut langsung dilarikan ke RS Siloam, Jalan Raya Sunset Road Kegian, Kelurahan Kuta, Badung. Setelah beberapa saat dirawat di sana, kedua korban kemudian dirujuk ke RSUP Sanglah, Denpasar.

Menurut Kompol Yusak, rumah yang jadi TKP ledakan itu merupakan milik Maria  Librina Sitanggang, 51. Rumah tersebut dikontrakkan kepada Hugo (warga negara Prancis) dan istrinya, Elouise Fiona Michelle (warga negara Inggris). “Yang mengalam luka bakar lebih parah adalah sang suami, Hugo. Sekujur tubuhnya menderita luka bakar," papar Kompol Yusak.

Terungkap, sebelum terjadi ledakan, korban Hugo ke dapur di lantai I hendak bikin air panas. Sementara istrinya, Fiona, masih tidur di lantai II. Saat Hugi menyalakan kompor, tiba-tiba api menyambarnya dan kemudian terjadi ledakan. Untungnya, api tidak sampai membakar bangunan rumah.

Namun, ledakan keras ini menyebabkan penghuni rumah terluka bakar. Bagunan rumah dan mobil korban juga mengalkami kerusakan. Saat warga sekitar berdatangan ke lokasi kejadian, Hugo dan istrinya yang sama-sama terluka sudah berada di luar rumah.

Kejadian ini kemudian dilaporkan ke polisi. Menurut Kompol Yusak, begitu menerima laporan, jajaran Polsek Kuta Selatan langsung terjun ke lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi-saksi. “Kita masih melakukan penyelidikan mendalam. Dugaan sementara, ledakan ini terjadi akibat tabung gas LPG 12 kilogram bocor," tandas Kompol Yusak.

Sementara itu, salah seorang saksi mata, Sukemi alias Saprul, 43, mengatakan tidak mengetahui kronologis kejadian. Saat dia tiba di lokasi kejadian, kedua korban sudah di luar rumah. Saprul mengatakan sebagian besar bangunan dua lantai tersebut rusak parah.

Setahu Saprul, kedua korban yang merupakan pasangan suami istri sudah hampir 2 tahun mengontrak rumah tersebut. Menurut Saprul, si istri, Fiona, merupakan seorang guru di Inggris. Itu diketahui karena sering dilihat tetangga kalau Fiona memberi pelajaran secara online kepada muridnya di Inggris. “Sedangkan suaminya, Hugo, tidak diketahui apa pekerjaannya,” ujar Saprul. *pol

Komentar