nusabali

Tim 911 Esports Juarai 'Bali Punya Cerita Championship ESI Kabupaten Klungkung'

  • www.nusabali.com-tim-911-esports-juarai-bali-punya-cerita-championship-esi-kabupaten-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali.com – Tim 911 Esports menjadi tim terbaik dalam grand final turnamen Esports  'Bali Punya Cerita Championship ESI Kabupaten Klungkung'.

Turnamen esports pertama yang digelar KONI Klungkung ini sebenarnya sudah dimulai pada tanggal 14 Mei 2021. “Babak penyisihan diikuti 65 tim yang terbagi dalam empat grup, hingga akhirnya menghasilkan 16 tim maju di babak grand final,” kata Ketua Umum ESI Klungkung, I Made Maha Dwija Santya, Minggu (16/5/2021).

Sebanyak 65 tim esports yang menjalani babak kualifikasi beradu kemampuan di kategori game PUBG Mobile secara online, hingga akhirnya di babak grand final, Sabtu (15/5/2021), datang di Sunken Entertainment Area Lantai LG Lippo Mall Kuta.

Di babak akhir yang diikuti 16 tim sejak pukul 13.00 hingga 20.00 Wita tersebut, Tim 911 Esports berhasil mengumpulkan poin 76 disusul XCubee Esport, dan tempat ketiga diraih Tim Goji Esports. 

Total hadiah yang diperebutkan dalam turnamen ini sebanyak Rp 5 juta plus  voucher, piala, dan piagam penghargaan resmi dari KONI Kabupaten Klungkung. 

"Ini kejuaraan dalam rangka penjaringan atlet Esports KONI Klungkung yang dipersiapkan untuk mewakili Kabupaten Klungkung dalam turnamen tingkat provinsi dan level nasional ke depannya," tegas Maha. 

Pihaknya berharap ESI Klungkung bisa secara rutin mengadakan turnamen resmi seperti ini, sehingga ekosistem esports bisa segera berkembang di Bali utamanya di Kabupaten Klungkung. “Jika ekosistem esports sudah terbentuk, maka akan memberikan ruang kondusif bagi para gamers untuk mengembangkan diri dan menjadi jembatan bagi para gamers pemula atau amatir untuk meniti karier. Sehingga ke depannya bisa menjadi gamers profesional,” ujar Maha. 

Meskipun diakui, beberapa tahun terakhir atlet esports Indonesia sudah mulai menorehkan prestasi hingga tingkat internasional, namun saat ini sebagian besar masyarakat, utamanya orangtua, masih memandang bermain game sebagai sesuatu yang negatif. 

“Dengan terbentuknya cabor esports sebagai cabor resmi di bawah naungan KONI, semoga secara perlahan bisa mengubah stigma tersebut dan menjadi solusi bagi para orangtua bagaimana mengarahkan anak-anak mereka yang memiliki bakat dalam gaming,” harap Maha. 

Ke depannya esports sendiri punya masa depan cerah dengan dipertandingkan secara resmi di ajang tingkat sekolah seperti Porsenijar. Alhasil para siswa bisa mengharumkan nama sekolahnya dalam bidang gaming.  Karena itu pula ESI Klungkung akan secara rutin mengadakan event. 

Event berikutnya akan dilaksanakan pada tanggal 27 - 29 Mei 2021 dengan melombakan tiga kategori, yakni PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire. “Event ini terbuka untuk umum. Kualifikasi akan dilakukan secara online, sedangkan babak grand final akan dilakukan dengan pertandingan langsung di Trans Studio Mall Bali," papar Maha. *dek

Komentar