nusabali

Atletico, Madrid, Barca Bersaing Ketat

Perebutan Gelar Juara La Liga pada Jornada ke-33

  • www.nusabali.com-atletico-madrid-barca-bersaing-ketat

Barcelona yang baru akan memainkan pertandingan pekan ke-33 pada Jumat (30/4) dini hari, menjamu Granada. Jika menang, Barca mengkudeta Atletico.

MADRID, NusaBali

Pekan ke-33 La Liga Spanyol  membuat persaingan menuju gelar juara semakin sengit. Tiga tim teratas yaitu Atletico Madrid, Real Madrid, dan Barcelona. Satu tim lainnya yang menjadi kuda hitam dalam perburuan gelar yaitu Sevilla.

Sebelum melongok lebih jauh ke papan klasemen, berikut hasil tim-tim itu di akhir pekan lalu. Sebagai catatan Atletico, Madrid, dan Sevilla sudah memainkan partai jornada ke-33 sementara Barcelona baru memainkan 32 laga. Real Madrid vs Real Betis: 0-0, Villarreal vs Barcelona: 1-2, Sevilla vs Granada: 2-1, dan Athletic Bilbao vs Atletico Madrid: 2-1.

Dari hasil tersebut, Atletico masih bertengger di puncak klasemen. Tapi posisinya kini rentan kena geser. Hal ini tak terlepas dari kekalahan atas Bilbao di jornada terakhir. Barcelona yang baru akan memainkan pertandingan pekan ke-33 pada Jumat (30/4) dini hari, menjamu Granada. Jika menang, Barca mengkudeta Atletico.

El Barca akan menggeser Atletico ke posisi kedua klasemen sementara dengan keunggulan satu poin. Sementara,, Sevilla menjelma jadi kuda hitam yang melaju dengan kencang dan tak bisa dicoret dari persaingan menuju puncak.

Dengan poinnya saat ini, Sevilla cuma ketinggalan satu angka dari Barca dan Madrid, dan tiga angka dari Atletico. Secara matematis, perebutan gelar juara musim ini juga tinggal menyisakan Atletico Madrid, Real Madrid, Barcelona, dan Sevilla.

Keempatnya sekaligus dipastikan finish pada posisi empat besar klasemen, mengingat jauhnya jarak dengan tim-tim lain. Sevilla saat ini berjarak 20 poin dari tim posisi kelima di klasemen Liga Spanyol, Real Sociedad, yang memainkan 32 laga.

Atletico tersandung di pekan ke-33 Liga Spanyol. Tandang ke markas Athletic Bilbao di San Mames, Senin (26/4) dini hari, Los Colchoneros kalah dengan skor 1-2. Kekalahan itu membuat perebutan gelar juara LaLiga jadi semakin ketat. Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, menyebut kekuatan mental akan jadi penentu siapa yang bakal juara.

Kekalahan itu memang belum menggoyahkan Atletico di puncak klasemen Liga Spanyol. Luis Suarez dkk masih memimpin dengan 73 poin dari 33 laga. Namun, Barcelona terus membayangi. Barcelona yang ada di posisi ketiga laga bakal naik ke puncak dan unggul satu poin andai bisa memenangi laga tunda melawan Granada pada Kamis (29/4).

Real Madrid dan Sevilla juga tak terpaut terlalu jauh dari Atletico Madrid. Madrid punya 71 poin, sementara Sevilla menguntit dengan 70 poin. "Saya yakin bahwa mentalitas akan jadi kunci keberhasilan. Keseimbangan emosional juga akan jadi kunci untuk merebut gelar juara," ujar Simeone kepada Marca usai pertandingan.

"LaLiga biasanya dimenangi oleh Barcelona dan Real Madrid. Kecuali pada 2014 atau tahun lain ketika kami nyaris juara. "Hampir di sepanjang musim kami punya keuntungan, tapi kami paham kalau Barcelona dan Madrid memang tidak akan pernah keluar dari persaingan. Kami akan melihat situasinya laga per laga," paparnya.

"Kami akan mencoba melakukan yang terbaik melawan Elche, ini menarik," katanya. Untuk diketahui, Atletico Madrid akan menjalani partai tandang ke markas Elche di LaLiga pekan depan sebelum melawat ke kandang Barcelona di jornada ke-35 pada 8 Mei. Pada pekan ke-35 itu pula, Real Madrid akan menjamu Sevilla. *

Komentar