nusabali

Terinspirasi Mbappe, Haaland Gasak Sevilla

  • www.nusabali.com-terinspirasi-mbappe-haaland-gasak-sevilla

SEVILLA, NusaBali.com
Dua gol yang dibukukan Erling Haaland mengantar Borussia Dortmund memecundangi Sevilla 3-2 dalam leg pertama Liga Champions yang berlangsung di Stadion Ramon Sanchez-Pizjuan, Sevilla, Rabu (17/2/2021) atau Kamis Wita.

Dwi gol Haaland itu untuk melengkapi torehan Mahmoud Dahoud. Sementara gol balasan tuan rumah dicetak Suso dan Luuk de Jong. Selain mengantar timnya menginjakkan satu kaki di perempat final, Haaland juga kini menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan delapan gol, sekaligus mengakhiri catatan nirbobol Sevilla di tujuh laga beruntun di semua ajang.

Penyerang asal Norwegia berusia 20 tahun itu cuma dikalahkan Kylian Mbappe sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol dalam Liga Champions sebelum ulang tahun ke-21-nya dengan 18 gol dari 13 pertandingan. Mbappe (22) mencetak 19 gol sebelum berusia 21 tahun.

Mbappe sendiri tampil cemerlang saat PSG mengalahkan Barcelona 4-1 sehari sebelumnya dengan menciptakan tiga gol yang disebut Haaland sebagai sumber motivasinya. "Ketika saya melihat Mbappe mencetak hattrick, saya mendapatkan motivasi gratis, jadi terima kasih kepada dia," kata Haaland setelah laga melawan Sevilla itu. "Dia mencetak sejumlah gol yang indah dan saya mendapatkan suntikan semangat dari dia, jadi itu bagus sekali."

Seperti Mbappe, Haaland disebut-sebut bakal pindah ke sejumlah kalah termasuk Real Madrid. Ketika ditanya soal kemungkinan pindah ke Spanyol, Haaland menjawab, "senang sekali jadi orang yang diinginkan."

Sementara itu duel sesama tim kuda hitam Sevilla vs Dortmund menyajikan permainan terbuka sejak awal laga. Sevilla yang tengah dalam tren positif mampu mengendalikan penguasaan bola, sebaliknya Dortmund menerapkan pressing tinggi dan banyak mengandalkan serangan balik cepat.

Tuan rumah bisa mencuri gol cepat saat laga baru berjalan tujuh menit. Sepakan Suso dari luar kotak penalti membentur kaki Mats Hummels dan bola berubah arah sehingga masuk ke gawang Marwin Hitz.

Dortmund yang banyak tertekan, hanya menunggu hingga ada kesempatan untuk melakukan serangan balik cepat. Strategi itu jitu saat Mahmoud Dahoud membuat skor kembali imbang pada menit 19. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau kiper Sevilla, Yassine Bono.

Hanya berselang delapan menit, The Borrusian berbalik unggul 2-1 melalui aksi Haaland yang lagi-lagi lewat skema serangan balik cepat. Kerja sama satu dua Sancho-Haaland, diselesaikan dengan sontekan ole h pemain asal Norwegia tersebut. Dua menit jelang paruh pertama berakhir, Haaland  mencetak gol keduanya setelah menyelesaikan umpan sodoran Marco Reus.

Kerja keras tuan rumah baru berbuah hasil pada menit ke-84. Berawal dari situasi tendangan bebas, Oscar Rodriguez mengirimkan umpan ke tiang jauh yang kemudian disontek Luuk de Jong untuk mengubah kedudukan menjadi 2-3. Di sisa waktu yang ada, Sevilla terus mengurung pertahanan Dortmund dan memaksa lawan bertahan total. Namun hingga bubaran skor 3-2 untuk kemenangan Dortmund tetap bertahan.

Dengan kekalahan ini membuat langkah Sevilla melaju ke babak berikutnya tergolong sulit, apalagi mereka akan bertindak sebagai tim tamu di leg kedua. Setidaknya membutuhkan minimal dua gol tanpa kebobolan agar bisa meneruskan petualangan di Liga Champions.*ant

 

Komentar