nusabali

Chelsea On Fire, Sudah Kembali ke Zona Liga Champions

  • www.nusabali.com-chelsea-on-fire-sudah-kembali-ke-zona-liga-champions

LONDON, NusaBali.com
Chelsea on fire. Sejak ditangani pelatih Thomas Tuchel, The Blues tidak terkalahkan dalam 6 laga terakhir, menang beruntun dalam 4 laga Liga Inggris, dan 5 dari 6 laga terakhir mencatat cleansheet.

Thomas Tuchel resmi melatih Chelsea pada 26 Januari 2021. Pelatih asal Jerman ini menggantikan Frank Lampard yang dipecat manajemen klub. Posisi Chelsea saat pertama kali Tuchel datang berada di luar empat besar, tepatnya tercecer di peringkat 10 klasemen Liga Inggris. 

Kini Chelsea sudah bertengger di posisi keempat atau menembus zona Liga Champions berkat kemenangan 2-0 atas Newcastle United an di Stadion Stamford Bridge, London, Senin (15/2/2021) atau Selasa dini hari Wita.

Di bawah Tuchel, Chelsea bermain imbang 0-0 dengan Wolves (28/1/2021), mengalahkan Burnley 2-1 (31/1/2021), menang 1-0 atas tuan rumah Tottenham Hotspurs (5/2/2021), menang lagi saat bertandang ke Shefield United 2-1 (8/2/2021). Kemudian di putaran kelima Piala FA mengalahkan Barsnley 1-0 (12/2/2021). Dan kembali di Premier League menang lagi atas Newcastle 2-0 (15/2/2021).

The Blues membuka keunggulan berkat gol pemain pengganti Olivier Giroud pada menit ke-31, sebelum Timo Werner menggandakan keunggulan tim London itu pada menit ke-39. Kemenangan tersebut sekaligus mengembalikan Chelsea ke posisi keempat di klasemen sementara Liga Inggris. 

Chelsea kini memiliki koleksi 42 poin, koleksi poin yang sama dengan West Ham United namun unggul selisih gol. Sedangkan kekalahan ke-13 Newcastle di liga musim ini membuat mereka tertahan di posisi ke-17 dengan 25 poin.

Kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga yang dimainkan di liga untuk pertama kalinya sejak pertengahan Oktober melakukan penyelamatan penting. Kiper Spanyol itu menggagalkan tandukan Joe Willock pada menit ke-75, namun ia tidak terlalu banyak bekerja untuk mempertahankan clean sheet keempat mereka dalam lima pertandingan liga di bawah asuhan Tuchel.

Dengan total 13 poin yang didapat dari lima laga pertamanya di Premier League bersama Chelsea, Tuchel menyamai catatan Jose Mourinho. Dilansir oleh Opta, start Thomas Tuchel di Chelsea itu cuma kalah dari Carlo Ancelotti dan Maurizio Sarri. Kedua manajer itu meraih 15 poin dalam lima pertandingan pertamanya bersama Chelsea.

Tak sekadar menang, Chelsea juga dibawa Tuchel jadi lebih tangguh dalam bertahan. Dalam lima pertandingan itu, Chelsea cuma kebobolan satu gol. Itu pun adalah gol bunuh diri yang dibuat oleh Antonio Ruediger saat Chelsea menang 2-1 atas Sheffield United.  Dalam hal ini, Thomas Tuchel mengikuti jejak Jose Mourinho dan Peter Taylor. Menurut catatan Opta, Tuchel jadi manajer ketiga yang timnya cuma kebobolan satu gol dalam lima pertandingan pertamanya di Premier League. Namun tak ada manajer yang timnya tidak kebobolan di lima laga pertamanya di kompetisi ini.

Chelsea dibayangi West Ham yang pada pertandingan lainnya mengalahkan tamunya Sheffield United dengan skor 3-0 di Stadion London. Declan Rice mengemas gol pembukaan di laga itu melalui eksekusi penalti pada menit ke-41. Kedua gol West Ham berikutnya tercipta pada babak kedua. Issa Diop menggandakan keunggulan timnya berkat golnya pada menit ke-58, dan gol pemain pengganti Ryan Fredericks pada menit ke-96 melengkapi kemenangan pasukan David Moyes.

West Ham sempat mendapat penalti pada awal pertandingan saat Enda Stevens menjatuhkan Craig Dawson di kotak terlarang. Namun setelah melakukan tinjauan VAR, wasit Simon Hooper mengambil keputusan untuk tidak memberikan hadiah penalti karena Dawson telah lebih dahulu berada dalam posisi offside.-ant


Susunan Pemain:
Chelsea (3-4-2-1): Kepa Arrizabalaga, Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Antonio Ruediger, Callum Hudson-Odoi (Reece James 78'), Jorginho, Mateo Kovacic, Marcos Alonso, Mason Mount (N'Golo Kante 70'), Timo Werner, Tammy Abraham (Olivier Giroud 20')
Pelatih: Thomas Tuchel

Newcastle United (4-3-1-2): Karl Darlow, Emil Krafth, Jamaal Lascelles, Ciaran Clark, Jamal Lewis, Joseph Willock (Andy Carroll 79'), Isaac Hayden, Jonsjo Shelvey, Miguel Almiron, Dwight Gayle (Joelinton 64'), Allan Saint-Maximin (Ryan Fraser 72')
Pelatih: Steve Bruce

Komentar