nusabali

10 Warga Dapat Bantuan Rehab Rumah

Bina Lingkungan Pelindo III Celukan Bawang

  • www.nusabali.com-10-warga-dapat-bantuan-rehab-rumah

SINGARAJA, NusaBali
Rasa syukur dan bahagia terpancar dari raut wajah Komang Karuna,48, warga Banjar Dinas Bubunan, Desa Tinga-tinga, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.

Dia menjadi salah satu penerima bantuan bedah rumah dari dana hibah bina lingkungan Pelindo III Pelabuhan Celukan Bawang tahun 2020. Rumah yang ditempati sejak tahun 2004, tidak layak huni.

Saat hujan, air hujan dengan mudah masuk ke dalam rumah dari atas genteng yang bocor. Genangan air hujan juga kerap masuk ke dalam rumah. Saat ini kondisi rumah seluas 8 meter x 5 meter tersebut sudah jauh berbeda. Atap rumah telah diganti dengan baja ringan. Lantainya juga sudah ditinggikan untuk menghindari banjir.

Komang Karuna bersama 4 anggota keluarga kini bisa tidur lebih nyenyak. "Sebelumnya, ketika hujan, saya tidak bisa tidur. Namun, sejak menerima bantuan bedah rumah yang selesai dibangun ini, tidur saya menjadi lebih nyenyak dan nyaman," ujar Komang Karuna saat ditemui di kediamannya, Senin (21/12).

Sejak tahun 1987, pria ini sehari-hari bekerja sebagai tenaga bongkar muat di Pelabuhan Celukan Bawang. Dia mengaku, memiliki rumah layak huni bagi keluarganya adalah impian yang besar dan seakan tidak pernah terwujud. Hal ini karena penghasilannya yang selalu habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namum sekarang mimpi tersebut telah terwujud dengan menempati rumah permanen dengan satu ruang tamu, satu ruang tengah serta tiga kamar tidur. Lantai rumah pun telah diplester menggunakan semen. "Saya bersyukur dan bahagia atas bantuan bedah rumah ini keluarga kami lebih nyaman," tuturnya.

Rumah Komang Karuna merupakan satu dari 10 rumah warga di Gerokgak yang mendapatkan bantuan program bedah rumah dari dana hibah bina lingkungan Pelindo III Pelabuhan Celukan Bawang tahun 2020. Bantuan bedah rumah ini menyasar runah warga di empat desa yang menjadi penyangga kawasan Pelabuhan Celukan Bawang. Rinciannya, 6 unit rumah di Desa Celukan Bawang yang mendapat bantuan program bedah rumah tersebut, 2 unit rumah di Desa Pengulon, dan 1 rumah di Desa Tukad Sumaga dan di Desa Tinga-tinga. Dalam pelaksanaannya, pengerjaan bedah rumah dilakukan selama sekitar sebulan.

Bantuan bina lingkungan Pelindo III Pelabuhan Celukan Bawang yang diserahkan kali ini senilai Rp 467 juta yang terdiri dari 11 objek bantuan. Yakni, 10 objek bantuan bedah rumah dan 1 objek bantuan alat penunjang medis berupa ambulans yang diserahkan kepada Yayasan Baiturrahim Al Munawwarah di Desa Pengulon, Kecamatan Gerokgak.

CEO Pelindo III Regional Bali Nusra I Wayan Eka Saputra menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian dan perhatian kepada masyarakat sekitar Pelabuhan Celukan Bawang. "Kami berharap kontribusi kami bukan hanya dalam ekonomi, namun juga memberikan dampak sosial kepada masyarakat khususnya dalam menunjang kesejahteraan," ujarnya.

General Manager Pelindo III Celukan Bawang Zanuar Eka Wijaya menambahkan, setiap tahun pihaknya mengalokasikan anggaran bantuan bina lingkungan. Hal itu juga dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Sosial. "Jadi dalam prosesnya kami komunikasikan dengan dinas terkait mana yang benar-benar membutuhkan agar bantuan ini tepat sasaran," jelasnya.

Kadis Sosial Buleleng I Putu Kariaman Putra yang turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut menyambut baik program bantuan tersebut. "Hal ini turut membantu meringankan beban masyarakat dan membantu Pemerintah Daerah dalam penanggulangan kemiskinan di Buleleng. Semoga bantuan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya," singkatnya. *cr75

Komentar