nusabali

Puluhan Warga Desa Tigawasa Dibantu Budikdamber

Program Ketahanan Pangan Rumah Tangga

  • www.nusabali.com-puluhan-warga-desa-tigawasa-dibantu-budikdamber

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 37 KK warga Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, Buleleng, diberikan paket Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber). Bantuan untuk ketahanan pangan rumah tangga ini diserahkan serangkaian HUT ke-420 Kota Singaraja. Budikdamber ini sebagai bantuan stimulan yang diharapkan dapat berkembang dan menambah pendapatan keluarga.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan  (DKPP) Buleleng I Gede Putra Aryana, Senin (25/3) kemarin. Paket bantuan tersebut mulai dari sarana, bibit ikan lele dan pakan.

 “Sasarannya masyarakat miskin ekstrem. Harapannya dengan bantuan ini mereka bisa mencukupi kebutuhan minimal untuk keluarga mereka. Kalau bisa dikembangkan bisa juga untuk menambah pendapatan keluarga,” ucap Putra Aryana.

Selain memberikan bantuan budikdamber, di Desa Tigawasa juga dilaksanakan gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Sebanyak 64 KK masyarakat yang terdata sebagai keluarga miskin ekstrem dan stunting diberikan bantuan masing-masing 3 kilogram ikan tuna. Bantuan pangan ini juga dimaksudkan untuk perbaikan gizi keluarga.

Sementara itu dalam serangkaian HUT Kota Singaraja, DKPP menyiapkan 3 ton lebih bantuan beras yang dibagikan kepada 162 masyarakat pesisir dampak cuaca ekstrem dan juga 187 KK masyarakat ekstrem di beberapa lokasi. Masing-masing KK mendapatkan bantuan 10 kilogram beras.

“Seluruh bantuan ini bersumber dari APBD Buleleng. Bantuan diberikan kepada korban dampak bencana dan juga masyarakat miskin ekstrem menjadi prioritas, sebagai wujud perhatian pemerintah menyongsong hari lahirnya Kota Singaraja,” ucap mantan Camat Busungbiu ini.

Dia pun berharap dengan bantuan ini, masyarakat yang mengalami kesulitan dapat lebih diringankan beban perekonomiannya. Seluruh program yang dilaksanakan juga ditargetkan bisa menjadi stimulus lembaga, organisasi maupun pihak swasta untuk bergerak membantu sesama.7 k23

Komentar