nusabali

Terancam ke Liga 'Malam Jumat'

Real Madrid vs Borussia Moenchengladbach

  • www.nusabali.com-terancam-ke-liga-malam-jumat

Kemenangan harga mati bagi Real Madrid. Jika tidak, paling banter harus rela bermain di Liga Europa.

MADRID, NusaBali

Real Madrid wajib menang kala menjamu Borussia Moenchengladbach di Estadio Alfredo Di Stefano, Kamis (10/12) pukul 04.00 dini hari Wita. Jika gagal memenangi Matchday 6 Liga Champions, maka Madrid bakal mencatat sejarah pertamakali tersingkir di fase grup.  Alhasil pemegang 13 trofi Liga Champions ini bisa-bisa terbuang ke Liga Europa yang biasa dimainkan hari Kamis atau Malam Jumat. Bahkan Madrid bisa terhenti sama sekali dari kompetisi Eropa jika menempati posisi juru kunci Grup B.

Hingga saat ini, Grup B memang masih belum menentukan siapa-siapa saja yang lolos. Semuanya masih berpeluang lolos, termasuk Inter Milan dan Shakhtar Donetsk.

Gladbach menuju ke pertandingan sebagai pemuncak klasemen dengan delapan poin, sementara Madrid ada di posisi tiga dengan selisih satu poin. Los Blancos kalah head to head dari Shakhtar Donetsk di urutan dua, sementara dua poin saja di depan Inter Milan.

Pada pertemuan pertama di Borussia-Park 28 Oktober lalu, kedua tim berbagi angka  2-2. Madrid sejatinya nyaris kalah di laga tersebut. Gladbach berhasil unggul dua gol lebih dahulu berkat aksi Marcus Thuram. Ia menjebol gawang El Real pada menit 33 dan 58. Madrid akhirnya bisa lolos pada menit-menit akhir babak kedua. Mereka bisa mencetak dua gol sekaligus. Yang pertama melalui gol Karim Benzema pada menit ke-87 dan kemudian melalui Casemiro pada menit 90+3.

Gladbach sendiri tidak boleh diremehkan. Rekornya menang 3 kali, seri 4 kali alias tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan tandang Eropa sejak kekalahan 4-0 dari Barcelona pada Matchday 6 Liga Champions 2016/17.

Namun tanah Spanyol juga bukan hoki bagi klub asal Jerman ini . Karena dari delapan away di Spanyol, belum pernah menang sejak perjalanan pertama mereka lawan Real Zaragoza di Piala UEFA 1974/75, di mana mereka menang 2-4.

Dikutip dari flashscore, dalam lima pertamuan terakhir kedua tim imbang. Masing-masing sekali saling mengalahkan dan tiga pertemuan berakhir seri atau imbang, termasuk di fase penyisihan grup B, di kandang Monchengladbach berakhir 2-2.*

Komentar