nusabali

Pohon Hantam Balai Lingkungan di Seririt

  • www.nusabali.com-pohon-hantam-balai-lingkungan-di-seririt

Tidak ada korban jiwa, namun kerugian yag ditumbulkan pohon tumbang mencapai puluhan juta rupiah.

SINGARAJA, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Jumat (4/12) sore, menyebabkan sebuah pohon beringin tumbang di Lingkungan Karang Sari, Kelurahan/Kecaman Seririt, Buleleng. Pohon tersebut tumbang menimpa bangunan balai Lingkungan Karang Sari.

Informasi yang dihimpun NusaBali, musibah pohon tumbang tersebut terjadi Jumat petang sekitar pukul 18.00 Wita. Akibatnya, batang pohon beringin berusia sekitar 50 tahun yang sudah lapuk tersebut menimpa bangunan balai lingkungan berukuran sekitar 6 meter x 10 meter, yang tepat berada di sebelahnya.

Camat Seririt, Nyoman Agus Tri Kartika Yuda saat dikonfirmasi menyampaikan, tidak ada korban jiwa dalam musibah pohon tumbang tersebut. Kejadian tersebut menimpa bangunan balai dan mengakibatkan sebagian atap serta pohon pembatas hancur. "Kerugian diperkirakan mencapai Rp 20 juta dan nihil korban jiwa," ujarnya.

Kejadian pohon tumbang di pertigaan Jalan Raya Diponegoro dan Jalan Raya Suparman tersebut tak sampai menutup akses jalan. Pasalnya tinggi pohon hanya sekitar 5 meter dengan diameter sekitar 200 cm. "Pohon tumbang tidak sampai menghambat akses lalu lintas karena tinggi pohon hanya sekitar 5 meter dan tidak banyak ranting dan daunnya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Buleleng Ida Bagus Suadnyana menyampaikan, usai menerima laporan pohon tumbang, Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD Buleleng sebanyak 5 orang langsung turun melakukan penanganan evakuasi dengan menggunakan gergaji mesin. "Kami kerahkan 5 personel untuk mengevakuasi pohon tumbang bersama warga sekitar," kata dia.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap waspada di tengah situasi cuaca saat ini. Masyarakat diminta lebih waspada ketika berada di dekat pohon mengingat insiden pohon tumbang bisa terjadi sewaktu-waktu. "Jika ada pohon yang rawan lebih baik dihindari dan dilaporkan ke pihak berwenang untuk mendapat penanganan," tandasnya.*cr75

Komentar