nusabali

Musibah Kebakaran Melanda Rumah Penyandang Disabilitas di Blahbatuh

RAPI Bali Galang Bantuan

  • www.nusabali.com-musibah-kebakaran-melanda-rumah-penyandang-disabilitas-di-blahbatuh

GIANYAR, NusaBali.com - Hari Raya Galungan yang seharusnya membawa kebahagiaan, justru berduka bagi I Wayan Lasia (35), penyandang disabilitas asal Banjar Pokas, Desa/Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Rumah reyot yang ia tinggali bersama ayah, paman, dan bibinya yang sudah tua renta, dilalap api pada Selasa (27/2/2024) dini hari.

Musibah ini terjadi sekitar pukul 02.30 WITA, saat Wayan Lasia terbangun dan melihat atap kamarnya diliputi api. Dengan keterbatasannya, ia berusaha membangunkan ayahnya I Ketut Darta (70), pamannya I Nyoman Tama (81), dan bibinya Ni Ketut Puji (84) yang tertidur di kamar sebelah. Teriakan minta tolong mereka di tengah malam membangunkan warga sekitar yang kemudian berjibaku memadamkan api.

Dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 03.40 WITA. Diduga, kebakaran terjadi akibat korsleting arus pendek listrik.

Bagian kamar Wayan Lasia yang terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun Wayan Lasia mengalami luka bakar ringan di kakinya. Kerugian materi ditaksir mencapai Rp 10 juta.

Luas bangunan yang dilahap api sekitar 4 meter x 6 meter. Terdiri dari 2 kamar, biasanya ditempati Wayan Lasia dan satu lagi ditempati paman dan bibinya. Bagian yang terbakar merupakan kamar Wayan Lasia. Tidak ada korban jiwa dari musibah ini, karena Wayan Lasia saat kejadian kebetulan memilih tidur di teras kamarnya. 

"Sekitar pukul 02.30 Wita, Wayan  Lasia sedang tidur teras rumah pada saat  terbangun melihat atap bangunan tempat tidurnya menyala memancarkan api, melihat hal tersebut Wayan Lasia membangunkan bibi dan pamannya  yang sedang tidur di dalam kamar sebelah yang terbakar, selajutnya mereka berteriak minta tolong," jelas Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama.

Teriakan keluarga lewat tengah malam ini pun sontak membangunkan warga sekitar. Mereka berjibaku melakukan upaya pertolongan pertama dan menghubungi pemadam kebakaran. 

Dua  unit mobil Damkar Gianyar tiba di TKP  pukul 02.50 WITA dan api bisa dipadamkan pukul 03.40 WITA dalam pemadaman yang melibatkan anggota Polsek Blahbatuh, Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Blahbatuh serta warga masyarakat sekitar. 


RAPI Bali Sigap Galang Donasi

Musibah yang menimpa Wayan Lasia mengundang keprihatinan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah organisasi penyelenggara komunikasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah Bali.

Ketua Rapida Bali, I Gusti Ngurah Dibya Presasta JZ14DIB, tergerak menghimpun donasi dari para koleganya. Dibya yang juga menjabat Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gianyar ini telah berkoordinasi dengan Dinas Perkim terkait bantuan bedah rumah.

Hingga Kamis (29/2/2024) siang, puluhan donasi telah terkumpul. Rencananya, donasi tersebut akan diserahkan langsung kepada Wayan Lasia pada Jumat (1/3/2024) bersama dengan sembako dan uang tunai.

Dibya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perkim Gianyar untuk bantuan bedah rumah. "Untuk rumah rujukan ke Dinas Perkim Gianyar. Untuk bansos bencana rujukan ke BPBD Gianyar," ujarnya. *nvi


Komentar