nusabali

Laga Penentu Nasib

Big Match Spanyol vs Jerman

  • www.nusabali.com-laga-penentu-nasib

Semuanya di tangan kami saat melawan Jerman dan di sana (pertemuan pertama), kami bermain sangat baik. Kami berani. Saya sangat percaya diri dengan skuat yang dimiliki dan bakal membuktikan hasilnya.

SEVILLA, NusaBali
Spanyol akan menjamu Jerman pada laga pamungkas Grup A4 UEFA Nations League 2020/2021, di La Cartuja, Sevilla, Rabu (18/11) dinihari Wita. Big match itu akan menentukan nasib kedua tim untuk lolos ke final four atau semifinal. Spanyol harus menang untuk finis sebagai juara Grup A4. Sedangkan Jerman hanya butuh seri.

Kini Jerman sementara memimpin klasemen dengan 9 poin dari lima laga (M2 S3 K0). Spanyol di urutuan kedua dengan 8 poin (M2 S2 K1), sedangkan Ukraina di peringkat tiga dengan enam poin (M2 S0 K3), dan Swiss masih juru kunci dengan 3 poin (M0 S3 K2).

Stadion Olimpiade Sevilla akan menjadi saksi apakah La Roja mampu menjalankan misinya atau kembali gagal masuk semifina UNL, seperti dalam edisi pertama (2018/2019). Dengan tekanan harus menang, ditambah bermain di kandang sendiri -meski tanpa penonton, skuad Luis Enrique layak unjuk gigi.

Spanyol mengandalkan striker Gerard Moreno yang mencetak empat gol dalam bersama La Roja. Kini Morena mencoba percaya diri. Apalagi saat tampil di Mercedes-Benz Arena, kandang Jerman dalam duel pertama, Spanyol mampu menahan Jerman 1-1.

"Semuanya berada di tangan kami saat melawan Jerman dan di sana (pertemuan pertama), kami bermain sangat baik. Kami berani. Saya sangat percaya diri dengan skuat yang dimiliki dan bakal membuktikan hasilnya," kata Moreno, dikutip laman resmi UEFA.

Dalam lima partai UNL musim ini, Jerman mencetak 10 gol dengan rata-rata membobol gawang lawan dua kali setiap laga. Namun, pertahanan Jerman kebobolan 7 kali, dan belum pernah clean sheet menunjukkan titik lemah para bek Die Mannschaft.

Sebaliknya, Spanyol punya pertahanan yang bagus dengan terkoyak hanya 3 kali, dan 2 kali clean sheet. Namun, barisan depannya dan penyelesaian akhir terlihat buruk dengan hanya mencetak 7 gol.

Dengan penguasaan bola hingga 62,9 persen dan rata-rata jumlah tembakan 18 kali setiap pertandingan, catatan itu cukup buruk.

Soal rekor pertemuan, Jerman sedikit lebih unggul dari Spanyol. Dari 24 laga, Jerman menang 9 kali, Spanyol menang 7 kali, 8 laga lainnya berakhir imbang. Namun Spanyol lebih unggul dalam lima laga terakhir, menang dua kali dan kalah sekali dua laga lainnya berakhir imbang.

Di laga sebelumnya, Spanyol gagal mengalahkan tuan rumah Swiss. Gol Gerard Moreno di menit 89 menghindarkan Spanyol dari kekalahan, dan laga pun berkesudahan imbang 1-1. Sedangkan Jerman menang meyakinkan atas Ukraina 3-1, lewat satu gol Leroy Sane dan dua gol Timo Werner.

Pada pertemuan sebelumnya, Spanyol menahan Jerman 1-1 di Stuttgart. Jerman unggul lewat gol Werner (51), dan gol Spanyol melalui gol Jose Luis Gaya (90+6). *

Komentar