nusabali

Gianyar Siapkan 1,7 Ha Lahan Parkir Piala Dunia U-20

Kemarin, Komisi III DPRD Bali Tinjau Kesiapan Stadion Kapten Dipta

  • www.nusabali.com-gianyar-siapkan-17-ha-lahan-parkir-piala-dunia-u-20

GIANYAR, NusaBali
Pemkab Gianyar bersiap sambut pesta akbar kejuaraan sepakbola Piala Dunia U-20 Tahun 2021, yang bakal digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh.

Selain mempercantik trotoar sepanjang Jalan Bypass Dharma Giri rute Desa Buruan-Kota Gianyar yang jadi jalur masuk ke stadion, Pemkab Gianyar juga menyewa lahan 1,7 hektare untuk parkir kendaraan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Beppeda) Kabupaten Gianyar, Wayan Widarma Suharta, mengatakan lahan seluas 1,7 hektare yang disewa untuk parkir kendaraan berada di wilayah Banjar Getas, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh. Jarak lahan parkir ini tidak jauh dari Stadion Kapten Wayan Dipta, yang akan dijadikan tempat pertandingan Piala Dunia U-20.

"Jadi, untuk parkir kendaraan, sudah siap. Kami sudah siapkan lahan seluas 1,7 hektare dengan cara menyewa," ujar Widarma Suharta saat menerima kunjungan Komisi III DPRD Bali ke Stadion Kapten Wayan Dipta, Selasa (20/10).

Menurut Widarma, lahan yang disewa untuk parkir kendaraan selama event akbar Piala Dunia U-20 bisa lebih luas lagi. Targetnya, luas lahan mencapai 4 hektare. Lahan tersebut rencananya akan disewa jangka panjang selama 20 tahun. “Kami akan sewa lahan masyarakat selama 20 tahun untuk dibangun parkir,” terang Widarma.

Terkait Piala Dunia U-20 di Stadion Kapten Wayan Dipta, kata Widarma, sudah ada panitia pusat yang mengaturnya. Pemkab Gianyar kebagian tugas membangun sarana di luar stadion, mulai dari pembangunan Patung Kapten Wayan Dipta, penataan Lapangan Astina Gianyar, hingga sewa lahan parkir.

“Anggaran yang dikeluarkan Pemkab Gianyar untuk semua ini mencapai sekitar Rp 58 miliar,” tandas Widarma. Menurut Widarma, pihaknya juga berusaha mempercantik trotoar sepanjang Jalan Baypass Dharma Giri rute Desa Buruan-Kota Gianyar, yang panjangnya mencapai sekitar 2,5 kilometer.

Sementara itu, Komisi III DPRD Bali (yang antara lain membidangi pembangunan, infrastruktur, lingkungan, perhubungan) terjun meninjau Stadion Kapten Wayan Dipta di Desa Buruan, Selasa pagi pukul 10.00 Wita. Rombongan dipimpin langsung Ketua Komisi III DPRD Bali AA Ngurah Adhi Ardhana (dari Fraksi PDIP) didampingi wakilnya, I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi (juga dari Fraksi PDIP).

Kedatangan rombongan Komisi III DPRD Bali disambut jajaran Pemkab Gianyar termasuk Kepala Bappeda Wayan Widarma Suharta dan perwakilan manajemen Bali United FC, I Ketut Suantika. Menurut Adhi Ardhana, kedatangan Komisi III DPRD Bali ke Stadion Kapten Wayan Dipta untuk mensuspport penyelenggaraan Piala Dunia U-20 Tahun 2021.

"Kunjungan ini tentu untuk melihat hal apa yang bisa kami bantu dari Pemerintah Provinsi Bali untuk persiapan pelaksanaan Piala Dunia U-20 Tahun 2021,” jelas Adhi Ardhana, seraya menyebut untuk pengadaan lahan parkir, memang sudah masuk Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Pemprov Bali kepada Kabupaten Gianyar.

"DPRD Bali sedang persiapan membahas Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2021. Seandainya masih ada kekurangan yang bisa kami siapkan, kami akan berusaha, terutama infras-truktur di luar vanue," lanjut politisi PDIP asal Puri Gerenceng, Desa Pemecutan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara ini.

Di lain sisi, perwakilan manajemen Bali United FC, I Ketut Suantika, menga-takan suatu kehormatan Stadion Kapten Wayan Dipta dipakai tempat pertandingan Piala Dunia U-20. "Kami dari Bali United tentu bersyukur Stadion Kapten Dipta ini dapat menjadi bagian penyelenggaraan kegiatan terbesar internasional tahun depan. Kami tentu terus menjaga komunikasi dan koordinasi dengan Pemkab Gianyar, Pemprov Bali, dan pemerintah pusat," jelas Suantika.

Turnamen Piala Dunia U-20 sendiri dijadwalkan akan digelar di Indonesia, termasuk Stadion Kapten Wayan Dipta, Mei 2021 mendatang. Selain Stadion Kapten Wayan Dipta sebagai stadion utama untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Bali, juga disiapkan empat lapangan pendukung buat tempat latihan tim-tim peserta.

Keempat lapangan pendukung untuk latihan tersebut, masing-masing Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Lapangan Kompyang Sudjana Denpasar, Lapangan Gelora Samudra Kuta (Badung), dan Lapangan Gelora Trisakti Legian (Badung). Semuanya dapat dukungan renovasi.

Gubernur Wayan Koster menyebut penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ini sebagai momentum bangkitkan pariwisata Bali yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Ini pula jadi tonggak awal pengembangan sport tourism. Untuk itu, Pemprov Bali siap memberikan dukungan penuh demi lancarnya pelaksanaan Piala Dunia U-20 tersebut.

Gubernur Koster menegaskan, event Piala Dunia U-20 Tahun 2021 akan menjadi momentum bangkitnya pariwisata Bali. "Saya mengucapkan terima kasih karena Bali telah diputuskan menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 Tahun 2021. Semua itu tidak terlepas predikat Bali yang merupakan destinasi wisata dunia. Ke depan, salah satu program di bidang kepariwisataan yang akan kami kembangkan adalah sport tourism," jelas Gubernur Koster saat mengikuti Sosialisasi Renovasi Venue Utama dan Lapangan Latihan Piala Dunia U-20 melalui daring di Rumah Komplek Jaya Sabha, Jalan Surapati Nomor 1 Denpasar, 24 September 2020 lalu. *nvi,dek

loading...

Komentar