nusabali

Kapolda Kukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas

  • www.nusabali.com-kapolda-kukuhkan-pengurus-pokdarkamtibmas

DENPASAR, NusaBali
Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose mengukuhkan pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Daerah Bali, pada Rabu (7/10) pukul 10.00 Wita.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Perkasa Raha Garwita (PRG) ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pokdarkamtibmas, Heru Riyadi dan beberapa pejabat di lingkungan Polda Bali.  Kapolda Golose berharap agar komunitas yang dibentuk untuk membantu Polri dan pemerintah ini dapat berperan aktif. Utamanya saat ini adalah membantu pemerintah dalam  mengampanyekan protokol kesehatan Covid-19. Kapolda meminta Pokdarkamtibmas daerah Bali sebagai mitra Polri dalam hal ini Polda Bali untuk tidak memikirkan hal yang muluk-muluk.

"Jangan memikirkan bagaimana menjaga keamanan. Saya hanya minta untuk bantu bagi masker kepada masyarakat. Bisa melalui Bhabinkamtibmas, Babinsa, lewat camat, atau lewat instansi manapun. Kita pulihkan dulu situasi kesehatan di pulau yang kita cintai ini," ajak jenderal asal Manado, Sulawesi Utara ini.

Selain itu Kapolda meminta untuk bersama-sama merubah perilaku kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak, dan menghindari kerumunan. Bagaimana caranya agar hal-hal itu selalu disadari setiap saat oleh masyarakat.  

"Ini pekerjaan yang tidak gampang. Karena penyebaran Covid-19 di Bali termasuk tinggi di kluster keluarga dan kegiatan upacara keagamaan. Tapi saya lihat kesadaran masyarakat sudah cukup tinggi. Tingkat kematian di Bali sudah menurun dan tingkat kesembuhan meningkat. Tapi tingkat penyebaran masih tinggi," tutur Kapolda.

Sementara itu ketua umum Pokdarkamtibmas, Heru Riyadi menjelaskan tugas dan fungsi Pokdarkamtibmas berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Surat Keputusan Kapolri Nomor: SKEP/831/XI/2005 Tentang Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas.

"Anggota kami berasal dari berbagai profesi, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, para akademisi, praktisi hukum, pengurus lingkungan RT/RW yang peduli akan Kamtibmas di wilayahnya masing-masing," tutur Heru didampingi Ketua Pokdarkamtibmas, Yulius Diaz . *pol

loading...

Komentar