nusabali

Kebun Jambu Mete Terbakar

  • www.nusabali.com-kebun-jambu-mete-terbakar

AMLAPURA, NusaBali
Kebun seluas 5 hektare di Banjar Panek, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem, terbakar, Selasa (29/9).

Kebun itu ditanami jambu mete, mangga, rumpun bambu, dan kayu. Dibantu warga setempat, pemilik kebun padamkan api secara manual dengan menggunakan dahan kayu yang dipukul-pukulkan pada kobaran api. Namun usaha itu kurang berhasil.

Para pemilik kebun, I Wayan Sudarma, I Nengah Subur, I Nengah Pada, I Nyoman Kantun, I Nyoman Tulia, dan lainnya mengaku kewalahan memadamkan api yang terus menjalar. Apalagi yang terbakar semak-semak dan daun-daun kering hingga membakar pohon jambu mete, mangga, rumpun bambu, dan pohon lainnya. Mereka khawatir karena api mendekati rumah penduduk, terpaut jarak sekitar 150 meter. Mantan Perbekel Desa Ban, I Wayan Potag, melaporkan kebakaran itu ke petugas pemadam kebakaran.

Sebanyak 13 petugas langsung bergerak dengan 3 unit kendaraan dipimpin Danru I Putu Sudirga. Pemadaman menghabiskan 10.000 liter air. Kapolsek Kubu AKP I Nengah Sona bersama anggota serta anggota Koramil Kubu, dan perangkat desa turut membantu padamkan api. Penanganan lebih terfokus di titik-titik api yang cukup besar dan membuat sodetan agar api tidak mendekati pemukiman penduduk. Api bisa dicegah agar tidak menjalar ke pemukiman penduduk. “Saya tidak mengetahui penyebab kebakaran, saya dapatkan api telah membesar membakar kebun,” jelas I Wayan Potag.

Petugas pemadam kebakaran memperkirakan api berasal dari gesekan kayu yang mengeluarkan percikan api lalu membakar daun-daun kering yang ada di sekitarnya. Perbekel Desa Ban, I Gede Tamu Sugiantara, berharap di Kecamatan Kubu ada Pos Pemadam Kebakaran dilengkapi mobil pemadam kebakaran. Sehingga di saat terjadi kebakaran, tidak lagi minta pertolongan ke Pos Pemadam Kebakaran Karangasem. Apalagi Kecamatan Kubu rawan terjadi kebakaran lahan.

Kadis Pemadam Kebakaran, I Nyoman Tari, mengaku sempat merencanakan pengadaan mobil pemadam kebakaran untuk Kecamatan Kubu. Pengadaan diusulkan oleh anggota DPRD dari Kecamatan Kubu. Hanya saja anggaran belum mencukupi sehingga di tahun 2020 belum bisa pengadaan mobil pemadam kebakaran untuk Kecamatan Kubu. *k16

loading...

Komentar